9/4/09

Kisah Teladan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz


Sekarang kita Puasa di bulan Suci Ramadhan, sebentar lagi Ramadhan berakhir, sebentar lagi Lebaran Idul Fitri Tiba, sebentar lagi Presiden SBY dan Wakil Presiden Budiono dilantik, sebentar lagi Kabinet Baru dibentuk, kita berharap semuanya akan menjadi lebih baik setelah moment2 di atas, namun sebelum itu tiba dan berakhir, saya merenung,, dan tersentuh dengan Kisah Teladan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz.
Bukan menggurui, bukan saran apalagi menasihati.. ampun paralun.. ini hanya sekedar renungan, terinspirasi saat sehabis Shalat subuh tadi pagi seperti biasa pada setiap Ramadhan selalu diadakan kultum dan topik yang disampaikan  oleh pak ustadz adalah Halalnya Uang Belanja Khalifah Umar Bin Abdul Aziz yang sangat menyentuh dan patut menjadi renungan semua orang . Untuk melengkapi kisah2 lainnya  saya coba cari referensi lain dari om google dan jadilah postingan ini dengan judul Kisah Teladan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz.

1. Halalnya Uang Belanja Dalam Sepotong Roti
Alkisah pada suatu hari  Khalifah Umar Bin Abdul Aziz disediakan makanan oleh Istrinya yang beda dari biasanya.. saat itu ada sepotong roti yang masih hangat,  harum dan wangi tampak roti itu begitu lezatnya hingga membangkitkan selera.
Sang Khalifah merasa heran dan bertanya pada Istrinya : “ Wahai Istriku dari mana kau memperoleh roti yang harum dan tampak lezat ini ? “.
Istrinya menjawab “ Ooh itu buatanku sendiri wahai Amirul Mukminin , aku sengaja membuatkan ini hanya untuk menyenangkan hatimu yang setiap hari selalu sibuk dengan urusan negara dan umat “.
“ Berapa uang yang kamu perlukan untuk membuat roti seperti ini “ tanya Khalifah.
“ Hanya tiga setengah dirham saja , kenapa memangnya“ jawab sang istri
“ Aku perlu tahu asal usul makanan dan minuman yang akan masuk ke dalam perutku ini, agar aku bisa mempertanggungjawabkannya di hadapan Allah SWT nanti “ jawab Khalifah, dan bertanya lagi  “ terus uang yang 3,5 dirham itu kau dapatkan dari mana ? “.
“Uang itu saya dapatkan dari hasil penyisihan setengah dirham tiap hari dari uang belanja harian rumah tangga kita yang selalu kau berikan kepadaku , jadi dalam seminggu terkumpulah 3.5 dirham dan itu cukup untuk membuat roti  seperti ini yang halalan toyyiban “ jawab istrinya.
“ Baiklah kalau begitu . Saya percaya bahwa asal usul roti ini halal dan bersih “ kata Khalifah yang lalu menambahkan “ Berarti kebutuhan biaya harian rumah tangga kita harus dikurangi setengah dirham, agar tak mendapat kelebihan yg membuat kita mampu memakan roti yang lezat atas tanggungan umat  “.
Kemudian Khalifah memanggil Bendahara Baitul Maal (Kas Negara) dan meminta agar uang belanja harian untuk rumah tangga Khalifah dikurangi setengah dirham. Dan Khalifah berkata kepada istrinya “ saya akan berusaha mengganti harga roti ini agar hati dan perut saya tenang dari gangguan perasaan, karena telah memakan harta umat demi kepentingan pribadi “.
Subhanalaah …Cerita ini benar2 mengandung keteladanan dari seorang Khalifah atau Presiden pimpinan negara  yang begitu kuat berprinsip dan berhati-hati bahwa apapun yang dimakan dan minum harus benar2 tahu asal usul nya bahwa semua itu  didapat secara halal dan benar. sebagai khalifah dia juga tak mau menggunakan serta menghamburkan uang negara untuk kepentingan pribadi. kalau biaya rumahtangganya cukup 3 dirham sehari kenapa mesti 3.5 dirham.

2. Dua Setengah Tahun Memerintah Berhasil Mengentaskan Kemiskinan Seluruh Umat
Umar berhasil mensejahterakan rakyat di seluruh wilayah kekuasaan Dinasti Umayyah. Ibnu Abdil Hakam meriwayatkan, Yahya bin Said, seorang petugas zakat masa itu berkata, ‘'Saya pernah diutus Umar bin Abdul Aziz untuk memungut zakat ke Afrika. Setelah memungutnya, saya bermaksud memberikan kepada orang-orang miskin. Namun saya tidak menjumpai orang miskin seorangpun".
Di bidang fiskal, Umar memangkas pajak dari orang Nasrani. Tak cuma itu, ia juga menghentikan pungutan pajak dari mualaf. Kebijakannya itu telah menumbuhkan simpati dari kalangan non Muslim sehingga mereka berbondong-bondong memeluk agama Islam. Inilah sebenarnya cara penyebaran islam dengan akhlaq mulia seperti dicontohkan Nabi Muhammad SAW, bahwa Islam Tidak Mengajarkan Kekerasan
Konon semasa ia menjabat sebagai Khalifah, walaupun hanya 2,5 tahun  tak satu pun mahluk dinegerinya menderita kelaparan. Tak ada serigala mencuri ternak penduduk kota, tak ada pengemis di sudut-sudut kota, tak ada penerima zakat karena setiap orang mampu membayar zakat. Lebih mengagumkan lagi, penjara tak ada penghuninya. Sejak di angkat menjadi Khalifah Umar bertekad, dalam hatinya ia berjanji tidak akan mengecewakan amanah yang di embannya. Akhirnya dia berhasil mengelola negara dan memanifestasikan hadits Nabi SAW, “Seorang imam (khalifah) adalah pemelihara dan pengatur urusan (rakyat), dan dia akan diminta pertanggungjawabannya terhadap rakyatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Siapakah Umar Bin Abdul Aziz itu
Umar bin Abdul Aziz adalah seorang Khalifah atau Presiden yang memimpin Pemerintahan Islam selama 2,5 tahun yaitu pada tahun 717 M s/d 720 M. Beliau dilantik menjadi Khalifah pada usia 37 tahun , usia yang tergolong muda untuk memimpin sebuah negara Islam yang besar dan luas kala itu. 
Ayahnya adalah Abdul Aziz bin Marwan, yaitu Gubernur Mesir dan adik dari Khalifah Abdul Malik. Ibunya bernama Ummu Asim binti Asim. Umar bin Abdul Aziz adalah cicit dari Khulafaur Rasyidin kedua yaitu Umar bin Khattab, dimana umat Muslim menghormatinya sebagai salah seorang Sahabat Nabi Muhammad SAW yang paling dekat dan dimasa pemerintahannya berhasil mengembangkan dan memperluas wilayah kekuasaan Islam .
Umar bin Abdul Aziz sangat bersedih ketika diberi jabatan (amanah) oleh umat untuk menjadi Khalifah , ini dikisahkan oleh isterinya, Fatimah yang melihat Umar sedang menangis di kamarnya. Fatimah pun menanyakan apa yang terjadi pada diri suaminya. Lalu Umar menjawab, “Ya Fatimah, saya telah dijadikan penguasa atas kaum muslimin dan orang asing, saya memikirkan nasib kaum miskin yang sedang tertimpa kelaparan, kaum telanjang dan sengsara, kaum tertindas yang sedang mengalami cobaan berat, kaum tak dikenal dalam penjara, orang-orang tua yang patut dihormati, orang yang mempunyai keluarga besar namun penghasilannya sedikit, serta orang2 dalam keadaan serupa di Negara-negara di dunia dan propinsi-propinsi yang jauh. Saya merasa bahwa Tuhanku akan bertanya tentang mereka pada Hari Berbangkit dan saya takut bahwa pembelaan diri yang bagaimana pun tidak akan berguna bagi saya. Lalu saya menangis.”  Subhanallah begitu sedihnya beliau menerima jabatan itu.
Tugas negara adalah mengubah teori menjadi kenyataan, mengubah norma menjadi undang-undang, dan memindahkan keindahan etika .menjadi praktek sehari-hari.”  (Yusuf Qardhawi )
Masih banyak Kisah Teladan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz ini. Tunggu saja kisah2 teladan selanjutnya.
Source : Diambil dari beberapa sumber


  1. Thanks telah mampir, yo kita saling vote dan comment..
  2. Bila berkenan tolong bagikan dengan tombol share di atas.
  3. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik Disini, atau masukan email disidebar yg telah disediakan

Sobat sedang membaca artikel Kisah Teladan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz, bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, dimohon meletakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

Related Post:

82 comments:

  1. wah... saya jadi ikut hanyut membaca artikel ini...
    serasa mengikuti kultum

    benar2 sosok yang patut dicontoh...
    benar2 pembelajaran yang luar biasa...

    terima kasih telah berbagi cerita ^_^
    seneng banget neh saya bacanya :D
    sampe hanyut .....

    ReplyDelete
  2. artikel yang lengkap dan bermakna sob, membacanya mendamaikan hati.

    terima kasih sahabatku.

    ReplyDelete
  3. Jujur Kang , Saya Jadi Terharu tentang kisahnya ....

    Salam Sukses

    ReplyDelete
  4. sanagt bermanfaat...
    udah lama banget nggak dapat yang seperti ini..
    sukses ya...

    ReplyDelete
  5. semoga pemimpin negeri kita bisa seperti beliau

    ReplyDelete
  6. salam sobat
    trims sudah diberikan infonya
    semoga kita semua bisa meniru teladannya Khalifah Umar bin Abdul Aziz ini, walaupun cuma sedikit saja yang bisa dicontoh, mengentaskan kemiskinan.

    ReplyDelete
  7. Pemimpin yang patut di contoh.. oleh generasi sekarang dan yad

    ReplyDelete
  8. coba 50 % aja sifat2 khalifah Umar itu bisa kita contoh ya ...

    ReplyDelete
  9. Posting yg penuh pencerahan diri.. siap gak seperti itu yah kalau saya jadi pimpinan negara ???

    ReplyDelete
  10. terenyuh sekali hati saya baca artikel ini, kapan ya Indonesia mempunya pemimpin seperti umar, mudah2n ada yg sanggup mendekati sikap dan tauladan umar :)

    salam

    hill

    ReplyDelete
  11. Waw..... Speechles.....
    What a true leader.... :)

    regards
    kangtatang

    ReplyDelete
  12. Wah. Trimakasih sobat atas tulisannya yang indah dan menjadi pencerahan bagi para calon pemimpin. Andaikan para pejabat tinggi negeri ini berakhlak seperti Umar bin Abdul Aziz, barangkali Indonesia tak sampai dilecehkan oleh negara tetangga kita Malaysia, hanya krena kita secara ekonomi memang harus diakui dibawah Malaysia. Kita hanya bisa berdoa semoga saja ada banyak perubahan kearah lebih baik setelah SBY dilantik nanti. Dan untuk anda, semoga termasuk dalam golongan orang yang tidak merugi dengan tulisan-tulisan anda yang indah dan membangkitkan gairah islami amien.

    Wassalam
    ASR
    http://bisonaf.com

    ReplyDelete
  13. luar biasa ya, jd gpp dapet sedikit, tp yg penting halal dan bisa berkah buat keluarga, artikel keren..

    ReplyDelete
  14. salam sobat
    berkunjung lagi.

    ada AWARD sederhana untuk sobat,,mohon diterima ya,,,di blog NURANURANIKU.trims

    ReplyDelete
  15. Kisah yang sangat menyentuh & bermanfaat bagi kita yang sedang menjalani ibadah puasa dibulan suci Ramadhan. Semoga menjadi teladan bagi kita semua, termasuk seluruh pemimpin negara kita.

    ReplyDelete
  16. Artikelnya bagus, pas banget dengan momen ramadhan

    ReplyDelete
  17. Wah..wah..wah...mantap postingnya bro.
    Keep posting yang beginian dan PROUD To BE ISLAM

    ReplyDelete
  18. @ semua sobat yg koment.. kum aja deh.. selamat beibadah puasa dan selamat menyambut Idul Fitri 1430 H

    ReplyDelete
  19. Ditunggu cerita yang menarik lagi kang

    ReplyDelete
  20. Cerita yang indah.. sangat perlu untuk instrospeksi diri

    ReplyDelete
  21. Ass...wr.wb
    artikel yang bagus kak..thnxs 4 visited my blog ya....
    wass...wr.wb

    ReplyDelete
  22. @ Mutiaramail : tunggu aja nanti abis lebaran hehe.. trims atas suportnya.
    @ Rihar Diana : waalaikum salam wr.wb. makasih jeng dhana.. blognya cuantik.. secuantik orangnya..

    ReplyDelete
  23. met lebaran ya mas. Mohon maaf lahir batin ya

    ReplyDelete
  24. Assalamu'alaikum,
    Subhaanallah, sebuah kisah teladan yang patut dicontoh, inilah seorang yang amanah, pemimpin yang amanah, semoga kelak kita bisa menadapatkan seorang pemimpin seperti beliau, amin. (Dewi Yana)

    ReplyDelete
  25. mumpung lebaran belum terlalu jauh, izinkan saya mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin, mas.

    ReplyDelete
  26. @ sobat semuanya.. makasih atas kunjungan n komentarnya.. ini telah memberi semangat utk terus exis di dunia maya ini

    ReplyDelete
  27. Khalifah Umar ibn Abdul Aziz memang salah seorang di antara pemimpin Islam yang mengharumkan nama umat Islam dan berjuang dengan ikhlas semata-mata hanya untuk Allah SWT dan rasulNya

    ReplyDelete
  28. Kisah yang dapat dijadikan sebagai suri teladan.
    Postingan mantap sobat.

    ReplyDelete
  29. @ Abi : Betul sekali sobat Abi... makasih yah .. duh sy merasa terhormat sekali nih di bezok sama master blog
    @ Seti@wan Dirg@antara : Trims pag guru.. sukses selalu ya..

    ReplyDelete
  30. bisa ga ya kita punya pemimpin sperti itu dengan sistem negara yg seperti ini !!!???

    ReplyDelete
  31. Setelah membacanya, muncul pertanyaan, apakah masih ada orang mulia seperti beliau saat ini????

    ReplyDelete
  32. pnting bgt tuh..pelajarannya buat kita umat muslim...danm umat agama lainnya.......

    ReplyDelete
  33. Whenever wandering thomas sabo charms in a very wintry thomas sabo jewellery wonderland totals some sparkle thomas sabo uk to any eyes, and even memories thomas sabo rings of any big day thomas sabo watch to the fields makes a thomas sabo watches grin on your face, or thomas sabo wholesale simply the original thomas sobo bracelets snowflakes of the weather sabo jewellery build someone feel like thomas charm bracelets a baby when, a perfect gift idea is thomas sabo rings correct on you- Snowflake thomas sabo watch earrings. Snowflake thomas sabo watches bracelets, hooks and pendants arrive thomas sabo wholesale lots of types. There may for thomas sobo bracelets certain a single i mean the ideal section for you, above thomas sabo charm all, to one's special someone.New discovery a couple of snowflake rendering it a real ideal bracelets focus?

    ReplyDelete
  34. Andai semua mengikuti syariat Islam, maka kepemimpinan akan berjalan dengan baik. Islam tidak sekeras seperti yang dilakukan para teroris, Islam itu pintar, islam punya cara untuk memecahkan segala hal berdasar Alqur'an dan hadist.

    ReplyDelete
  35. subhanallah.. sy sangat terharu dg kisah Umar II ini.. aku pasti akan menamai anak laki2ku dg Umar. insya Allah

    ReplyDelete
  36. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    ReplyDelete
  37. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  38. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  39. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    ReplyDelete
  40. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  41. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  42. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  43. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    ReplyDelete
  44. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  45. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    ReplyDelete
  46. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  47. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  48. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    ReplyDelete
  49. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu

    ReplyDelete
  50. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  51. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    ReplyDelete
  52. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    ReplyDelete
  53. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    ReplyDelete
  54. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    ReplyDelete
  55. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  56. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

    ReplyDelete
  57. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

    ReplyDelete
  58. subhanallah betapa bijaksananya..

    ReplyDelete
  59. Berdo'a untuk para pemimpin di Indonesia, semoga allah swt. memberikan cahaya iman kepada para pemimpin di indonesia sehingga dapat mencontoh nabi muhammad saw. dan para sahabat nabi temasuk sahabat Umar Bin Abdul Aziz dalam memimpin ummat.

    ReplyDelete
  60. cukup lumayan lah jadi dapet ilmu.......hhe"

    ReplyDelete
  61. subhanallah....aku begitu merindukan pemimpin seperti itu...kapan negara kita mempunyai pemimpin seperti Umar....??..semoga kita mempunyai pemimpin seperti dia..

    ReplyDelete
  62. Pimpinan teladan yang sulit ditemukan jaman sekarang.

    Terima kasih sudah dishare

    ReplyDelete
  63. terimaksasih atas infonya kalau ada waktu berkunjung ke blog saya
    http://mrrum.blogspot.com/

    ReplyDelete
  64. terimaksasih atas infonya kalau ada waktu berkunjung ke blog saya
    http://mrrum.blogspot.com/

    ReplyDelete
  65. makasih ya atas info nya, saya jadi terinspirasi...

    salam sehat salam sukses..!!

    ReplyDelete
  66. info yang sangat bagus sekali gan.......

    ReplyDelete
  67. info yang sangat menarik sekali gan...

    ReplyDelete
  68. Wow, wonderful weblog layout! How long have you been running a blog for?
    you made blogging glance easy. The full glance of your
    website is excellent, as smartly as the content material!



    Take a look at my web page - austria

    ReplyDelete
  69. A person necessarily help to make severely posts I'd state. This is the very first time I frequented your website page and up to now? I amazed with the research you made to create this particular publish incredible. Fantastic task!

    Take a look at my blog :: vakantiehuisje frankrijk

    ReplyDelete
  70. Hurrah, that's what I was looking for, what a material! present here at this web site, thanks admin of this website.

    Have a look at my web blog :: vakantiehuisjes frankrijk

    ReplyDelete
  71. selamat pagi semua selalu di berkati keberkahan amin
    obat herbal vertigo

    ReplyDelete

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda. Trims atas kerjasamanya

Translate

Langganan Artikel

Artikel Gtais : :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme !, Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Saung Web ! , On Blogger