10/31/10

Gunung Merapi Dan Mentawai Terkini


Gunung Merapi Dan Mentawai Terkini

Lahar Panas Merapi Derita dan trauma serta isak tangis dan rasa pilu warga sekitar Merapi dan Mentawai belum reda air matapun belum kering, kini Merapi meletus lagi dan Mentawai dilanda gempa susulan. Bencana terus berganti, korbanpun berjatuhan… Demikianlah sari berita yang tersimak terakhir ini.

Sabtu dini hari (30/10/10) pukul 00.16 WIB Gunung Merapi yang berada pada ketinggian 2.968 meter di atas permukaan air laut meletus lagi .  Seorang warga menyebutkan bahwa setelah ledakan itu langit terlihat gelap gulita. lalu terlihat cahaya seperti kilat keluar dari puncak Gunung Merapi kemudian mengeluarkan awan panas atau wedus gembel yang pekat selama 21 menit..Kejadian ini membuat masyarakat yang tinggal di barak-barak pengungsian maupun yang tinggal pada radius sepuluh kilometer dari Merapi panik dan menghindari abu serta pasir vulkanik  tersebut, bahkan tadi siang pukul 14.00 jugaterjadi letusan lagi

Mentawai Gempa Lagi

Mentawai gempa lagi Setelah Mentawai dilanda gelombang tsunami tanggal 26/10 lalu.  akibat gempa 7,2 SR yang telah meluluhlantakan sebagian daerah Kepulauan tersebut hingga rata dengan tanah ,  kemarin Sabtu (30/10) pukul 01.05 terjadi gempa lagi dengan kekuatan 5,1 SR.

Menurut BMKG gempa itu berada di kedalaman 27 kilometer dari permukaan laut, dengan posisi 3.45 LS - 99.42 BT.Posisi episentrum atau pusat gempa berada di 108 km Barat Daya Pagai Selatan, Metawai – Sumatra Barat.

Walaupun gempa susulan tersebut tidak berpotensi tsunami , tak urung hal itu membuat panik warga yang tersisa dan petugas / TIM SAR serta Relawan yang ada disana panik. betapa tidak.. evakuasi saja belum selesai. dah terjadi gempa lagi.. dan bisa dibayangkan kalau terjadi tsunami lagi.. mau pada lari kemana orang2 tersebut..

Korban Letusan Gunung Merapi

Pemakaman-Mbah-Maridjan-dan-adiknya1 Menurut berbagai berita data  Jumlah Korban Bencana Letusan Merapi Dan Tsunami  Mentawai diprediksi akan terus bertambah. Berdasarkan data terakhir  dari Pusdalops BNPB hingga Sabtu (30/10/2010) malam Merapi telah menelan korban 38 orang meninggal  termasuk sang Juru Kunci Merapi yang fenomenal Mbah Maridjan sementara pengungsi, jumlahnya di Provinsi DIY 14.326 jiwa yang berada di 8 titik pengungsian. Sedangkan di Provinsi Jawa Tengah berjumlah 38.722 jiwa yang tersebar di 58 titik pengungsian.

Kini banyak yang sakit dan dirawat di berbagai Puskesmas dan Rumah Sakit termasuk Ponimin  yang punya pengalaman dramatis dan heroik menyelamatkan diri dan keluarganya saat diterjang Wedus Gembel .

Ponimin Pengganti Mbah Maridjan

Ponimin (49 Tahun) atau Haji Ponimin ini banyak diberitakan sebagai calon pengganti Mbah Maridjan menjadi Kuncen Merapi namun dibantah GKR Hemas, istri Sri Sultan Hamengkubuwono X. "Kedatangan saya ke sana untuk menengok keadaan dia yang selamat dari terjangan awan panas. Dia cerita segala macam bagaimana bisa selamat. Saya tidak menunjuk dia sebagai pengganti Mbah Maridjan," ujarnya, di sela-sela kunjungannya ke posko pengungsian bersama Sultan HB X di Balai Desa Umbulharjo, Jumat (29/10/2010) sore.

Jadi, lanjut GKR Hemas, pemberitaan bahwa dirinya menunjuk Ponimin sebagai pengganti Mbah Maridjan itu salah. "Saya hanya bilang ke dia, tolong titip Gunung Merapi. Kedatangan saya bukan menunjuk dia untuk menggantikan Mbah Maridjan karena itu hak prerogatif Sultan," terangnya.

Korban Tsunami Mentawai

Sementara itu Berdasarkan data terakhir dari Posko BPBD, pukul 20.30  Jumat (29/10), korban tsunami Mentawai tercatat 414 orang meninggal, dan 298 hilang. 270 Orang luka berat, 162 luka ringan dan 12.935 orang terpaksa mengungsi.Tsunami Mentawai 2010Tsunami Mentawai

Bencana di negeri tercinta ini datang silih berganti,, yoo kita semua mawas diri dan lebih mendekatkan diri kepada sang Maha Pencipta semoga setelah kondisi dan situasi Gunung Merapi Dan Mentawai Terkini  bencana tersebut segera berakhir dan situasi akan normal kembali. Amin ..

Mungkin perlu juga untuk dibaca : Fenomena Aneh October 2010

Saung Web


  1. Thanks telah mampir, yo kita saling vote dan comment..
  2. Bila berkenan tolong bagikan dengan tombol share di atas.
  3. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik Disini, atau masukan email disidebar yg telah disediakan

Sobat sedang membaca artikel Gunung Merapi Dan Mentawai Terkini, bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, dimohon meletakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

Related Post:

118 comments:

  1. Kini mulai beredar sms negatif dan membuat cemas, lalu ada ponimin yg dukun..hhhh....merusak aqidah!...hanya Allah Lah yg sanggup menjadi benar, tanpa perlu mistik dan aneka ramalan. Vulkanologi yang memperkerikan merapi masih begini 3 mingguan, dan dukun?..hhhh...to Ponimin: kembalilah pada jalan Allah Swt....jgn musyrik!.....amin..

    ReplyDelete
  2. @ Belantara Indonesia : memang banyak berita yg simpang siur.. dan terkesan kontropersial seperti Mbah Maridjan.. Sri Sultan aja mengatakan dia itu mbalelo disuruh turun kok gak mau.. Padahal Wakapolda dah datang n membujuknya.. masa raja harus datang kepadanya dan meminta langsung utk mengungsi , katanya ??

    ReplyDelete
  3. Banyak selebritis baru nih.. sekarang Ponimin lagi in hehe

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum Kang,
    update yang rinci nih Kang.
    Bencana bertubi-tubi seharusnya bisa membuka mata kita semua atas bentuk sikap kita yang melewati batas dalam mengemban amanah di bumi. Dimana-mana manusia membuat kerusakan dan rakus pada lingkungan yang seharusnya dipeliharanya. Tidak heran, berakibat menyengsarakan manusia sendiri.

    dilain pihak, masih saja banyak orang yang memncari kesempatan untuk kepentingan diri sendiri di atas penderitaan orang lain.
    tobaaaat ,.... tobbaaat ...

    ReplyDelete
  5. Semoga penderitaan para korban Tsunami di Mentawai, meletusnya Gunung Merapi di Yogja dan juga banjir bandang di Wasior Papua Barat dapat segera berakhir dengan datangnya bala bantuan dari masyarakat, pemerintah maupun badan-2 internasional.

    ReplyDelete
  6. ya karena mungkin sbg juru kunci Sultan Jogja lah yang berhak mengangkatnya....tak ada yg lain...tapi kembali pada keyakinan...juru kunci dari hati ikhlas...bukan krn gaji ataupun materi. dan btw Ciremai tak akan kayak Merapi mas bro..pasif sudah..hehehe..dimananya ya? kuningan atau palutungannya?...2 kali aku menuju kesana lewat jalur palutungan.

    ReplyDelete
  7. @ Djangan Pakies:
    @ Multi Brand :
    Iseng2 aja bikin postingn ini soalnya hari minggu ini di rumah terus.. hujan nih sejk pagi
    Jamane wis jaman uedaan tapi kita jangan ikut2an uedan
    @ Belantara Indonesia : ya dikotanya sob.. Palutungan sih tempat mainanku. kapan2 kalau mau naik lagi kontak2 ya..

    ReplyDelete
  8. Banyak kejadian2 di bulan oktober ini dikaitkan dengan hal2 yang berbau mistis seperti tripple five angka 66 dsb

    ReplyDelete
  9. Iya nih , bencana sepertinya tidak henti-hentinya melanda negara kita, mudah2an dengan adanya bencana bisa memberi hikmah buat kita semua. Kemarin malam sempat hujan debu di kost2an, jalan2 di jogya penuh debu jadi serba susah kalo keluar rumah harus berjibaku dengan debu.

    ReplyDelete
  10. duuhhhh.. semoga gag ada lagi kang iia bencana di indonesia :(

    ReplyDelete
  11. Dasar para normal selalu bisa aja ngait2kan tiap kejadian ini.. hehe

    ReplyDelete
  12. hmmm, ya Allah lindungi lah mereka.. saya juga selalu update berita terbatu tentang merapi dan mentawai dari web detik, kompas, metrotv termasuk twitternya.. sempat sedih bgt juga karena saya pernah merasakan tsunami aceh dan saat itu bener2 mengerikan

    ReplyDelete
  13. Kemarin siang memang terjadi letusan lagi di merapi ya.

    ReplyDelete
  14. Pilu rasanya hati ini melihat tayangan2 TV tentang bencana ini

    ReplyDelete
  15. Masya Allah...bertubi-tubi bangsa kita diterpa cobaan. Smoga dengan datangnya cobaan yang bermacam-macam ini, kedepannya bangsa kita menjadi semakin dewasa, kuat, dan senantiasa berfikir logis serta tentunya makin lebih dekat dengan Allah SWT. Amien.

    ReplyDelete
  16. salam sobat
    saya juga lihat berita di tv ol.
    gunung merapi mengeluarkan awan panas lagi dan mentawai gempa lagi.
    semoga segera berakhir bencana di negeri kita.

    ReplyDelete
  17. semua kejadian sudah menjadi kehendakNya dan banyak hikmah yang dapat kita ambil...

    ReplyDelete
  18. Semua kejadian ii mesti kita ambil hikmahnya .. dan tetap mendekatkan diri serta bersyukur atas segala nikmat yang telah kita terima

    ReplyDelete
  19. Jumlah korban diatas sekarang dah bertambah lagi .. menurut berita terakhir di mentawai dah nyampe 440 orang katanya

    ReplyDelete
  20. Ikut nyuport dan berdoa aja deh semoga para korban diterima di sisiNya dan keluarga yang ditinggalkan bisa tabah dan bersabar

    ReplyDelete
  21. Apapun peristiwa yang terjadi kepada kita, sebaiknya kita berlapang dada menerimanya. Berlakulah kehendak-Nya....

    ReplyDelete
  22. Lihat foto Merapi yg diatas itu.. hiiiy ngeri juga

    ReplyDelete
  23. kasihan ya yang telah mengalami musibah ini.
    semoga diberi ketabahan

    ReplyDelete
  24. aku rasa masih akan ada letusan gunung merapi yang lain di masa mendatang

    ReplyDelete
  25. Tsunami telah memporak porandakan semuanya.
    ngeri

    ReplyDelete
  26. @ Semuanya : thanks ya.. atas kunjungannya

    ReplyDelete
  27. Mungkin semua ini teguran , ujian atau bahkan azab yg di berikan allah SWT kepada negeri ini...Smoga kita di bukakan mata untuk slalu mengingat kpada yg diatas.

    ReplyDelete
  28. ass.
    ada yang tahu cara daftar untuk jadi relawan gak?
    trima kasih sebelumnya.
    ass.

    ReplyDelete
  29. semoga keadaan ini segera berakhir... dan kita kembali ke negeri yang aman dan damai... jauh dari segala bencana yg sngt mengerikan ini. Amin!

    ReplyDelete
  30. kami ikut warga indo yg berada ddi luuar negri ikuut sangat prehatin atas bencana yg menimpa negritercinta ,semoga mereka diberi kketabahan dan kekuata atas apa yg terjadi ,dan lebih mendekatkan diri lgi pdaNYA amin.

    ReplyDelete
  31. keduanya rasa2nya bakal terulang kembali sob...gempa mentawaipun masih riskan sekali untuk terulang wlpun bs jadi gada tsunami tp gempa mungkin masih, trus gunung merapi itupun masih sangat riskan, pastinya akan meledak kembali...

    ReplyDelete
  32. semestinya datangnya cobaan itu agar manusia kembali dan semakin mendekatkan diri pada Allah... namun kenyataannya?... :(

    ReplyDelete
  33. smoga arwah yg meniggal diterima disisi-NYA

    ReplyDelete
  34. sob...tukeran link kira2 masih berkenan ga sob?link sobat dah lama ternyata nongol di "blog sahabat" blog saya.hehe..trimakasih sobat...

    ReplyDelete
  35. @ Juli Cavero.. lho link sobat juga dah lama saya pasang .. cek aja di link exchange

    ReplyDelete
  36. @ adnan Maulana Elfaqih : kalau mau daftar Relawan coba aja tanya ke sobat belantara Indonesia.. soalnya dia juga relawan Merapi tuh sob..
    http://www.belantaraindonesia.org/

    ReplyDelete
  37. gunung merapi meletus.
    berbahaya jika tidak siaga

    ReplyDelete
  38. semoga keluarga yg mengalami musibah bencana alam tetap tabah menghadapinya..amien

    ReplyDelete
  39. bencana alam dtg tak terduga...masyarakat disekitar harus tetap waspada...semoga masyarakat yg berdada dekat lokasi bencana alam diberi kekuatan oleh yg maha kuasa untuk tegar menghadapinya

    ReplyDelete
  40. semoga kondisi segera kondusif..:)

    ReplyDelete
  41. mengapa bencana masih belum reda ya sob,, kata temenku tadi siang, semburan wedus gembel sampai mencapai radius 7 km,, ngeri..

    ReplyDelete
  42. Ya Allohh.. Berilahh Mereka ketabahan akan musibah yang datang...

    ReplyDelete
  43. oke komandan...anti smoga bisa di tindak lanjuti ttg relawan Merapi.....makasih skali lagi info nya.....seneng rasanya ada sahabat baik yg mau bantu jadi relawan di kala kita susah dan sedih.semoga Allah Ta'alla yg mebalasnya dgn kebaikanNya..amin

    ReplyDelete
  44. mendengarkan dan memahami lalu membantu dengan apa yang kita bisa . nggak perlu mengurusi hal - hal yang sebenarnya tidak bermanfaat bagi kita. mau mbah maridjan meninggal, mau ponimin yang jadi penggantinya. terserah saja. pasrahkan saja semuanya kepada ALLAH. yang harus di fikirkan adalah bagaimana meringankan beban penderitaan yang menjadi korban

    ReplyDelete
  45. semoga mereka tabah menghadapi cobaan ini. amin...

    ReplyDelete
  46. melihat banyak bantuan yang belum sampai kepada korban, jadi tambah miris. Padahal mereka sangat memerlukan bantuan.

    ReplyDelete
  47. Semoga bencana di indonesia segera berakhir, mari kita semua berdoa agar ke depannya bencana tdk dtg lagi pada kita semua warga indonesia ..amin

    ReplyDelete
  48. jadi ingat lagu ebiet
    anugerah dan bencana adalah kehendak Nya
    kita mesti tabah menjalani
    hanya cambuk kecil agar kita sadar adalah Dia diatas segalanya

    ReplyDelete
  49. @ Berpikir positif : betul juga tuh ob....saya kok jadi lupa akan lagu itu.. hehe. tak posting ah.. kirim yg lengkap pak..

    ReplyDelete
  50. akibat letusan merapi malahan ada isu bahwa gunung gunung di indonesia mulai aktif yaa

    ReplyDelete
  51. Semoga para korban bencana alamdimanapun berada selalu di berikan kesehatan dan ketabahandalam menghadapi ujian ini

    ReplyDelete
  52. turut berduka kang atas musibah yang terus-menerus melanda negeri kita ini, miris rasanya kalau mendengar korban yang meninggal, semoga indonesia kita kedepannya lebih baik lagi

    ReplyDelete
  53. semoga kita semua mau bersyukur dengan adanya peringatan semua ini.

    ReplyDelete
  54. kita hrus memetik hkmah'na dan jika trjd dmikian lgi kita hrus sdah lbih siap,,shg tdak ad krban sbnyak ini lagi..

    ReplyDelete
  55. kabar terbaru pasca letusan merapi ini ada 21 dunung berapi di negeri tercinta ini sekarang statusnya di naikan..

    ReplyDelete
  56. Komentar saya idem sama yg duluan he..he.. (kehabisan kata2 nih). Intinya semoga para korban yg selamat diberi ketabahan. Amin

    ReplyDelete
  57. mudah2an bangsa ini cepat selesai masalah bencana alam, dan bagi para korban yang meninggal semoga di ampuni dosa-dosannya

    ReplyDelete
  58. semoga mereka yang ditimpa musibah bisa bersabar dan diteguhkan hatinya, sementara para wakil mereka pada melancong ke luar negeri

    ReplyDelete
  59. dua bencana sekaligus terjadi .
    merapi meletus dan mentawai tsunami
    semoga musibah ini slalu menguatkan bangsa kita dan memacu persatuan antar warga indonesia

    ReplyDelete
  60. Sampai sekarang masih belum berhenti ya...

    ReplyDelete
  61. wahai, pemerintah.. tingkatkan kepedulianmu pada mereka yang tertimpa musibah..

    ReplyDelete
  62. Saya sedih sekaligus marah dengan kelakuan beberapa orang yang menjadikan musibah gunung meletus di merapi dan bencana gempa di mentawai sebagai sarana "wisata". hal ini terungkap pada saat wartawan PR mewawancarai masyarakat di sekitar merapi, yang menyatakan bahwa banyak sekali masyarakat dari luar kota yang sengaja datang dengan kendaraan ke merapi untuk berwisata saja...tega banget ya mereka...

    ReplyDelete
  63. semoga ujian dari alloh yang dilimpahkan di jogja cepat selesai...

    ReplyDelete
  64. moga aja cepat selesai dan tidak meletus
    amin

    ReplyDelete
  65. @ Sobat2 : betul sob semoga aja akan segera berakhir ya

    ReplyDelete
  66. baru lihat galang dana wat merapi di aloon2 trenggalek kang,

    ReplyDelete
  67. emz yang sabar dan tawakal ya,...
    maju trz ........

    ReplyDelete
  68. memang hal yang sangat mengharukan bagi semua masyarakat indonesia.....

    ReplyDelete
  69. semoga kejadian ini bisa di ambil hikmahnya,,,
    kesabaran semoga selalu menyertai kita semua,aminnn

    ReplyDelete
  70. Apapun yang terjadi itu atas kehendak yang Maha Kuasa,, makanya kita harus bisa berusaha dan berdoa untuk tetap menjalani hidup yang lebih baik ...

    ReplyDelete
  71. astgfirulloh,,, semoga mereka selamat,, mskpn kita tidak bisa memberi dngan materi,, kita bisa mendo'akan merka,,

    ReplyDelete
  72. .Apakah ini tanda kiamat ya allah
    .sangat sedih sekali bencana silih berganti

    .mudah-mudahan bencana cukup sampai di sini ya allah.
    (aminnnnnnnnnnn,,,,,,,,,,)

    ReplyDelete
  73. tak tega rasanya melihat penderitaan yang kena musibah gunung merapi.

    ReplyDelete
  74. subakhanallah,sunguh tak tega melihatnya.

    ReplyDelete
  75. semoga kita menjadi sadar dg bencana yg ada, bahwa kita tdk ada daya dan kekuatan kecuali atas izin-Nya.....

    ReplyDelete
  76. mudah mudahan kejadian bencana di mentawai,
    membawa berkah...
    amin

    ReplyDelete
  77. melihat bencana sekarang ini...
    rasanya tak tega melihat saudara kita..

    ReplyDelete
  78. kasihan sekaliya saudara2 kita yang kena bencana semoga kita semua mau membantu meringankan penderitaan mereka.

    ReplyDelete
  79. subakhanallah,sunguh tak tega melihatnya...

    ReplyDelete
  80. Dashyat Merapi mas ndrooo. itulah alam

    ReplyDelete
  81. banayk nya cobaaan yang menimpa bangsa ini,.. mudah-mudahan bangsa kita,.. akan mendapatkan hikmah dan hidayah dari sang kuasa,..

    ReplyDelete
  82. What a brilliant story! Mount Merapi and the Mentawai Current issue whatever you wrote seems to complicated content. I enjoyed this impressive tutorial impression!

    ReplyDelete
  83. maksih gan atas infonya,.,.
    sangat membantu sekali dalam membantu korban-korban,.,.,.

    ReplyDelete
  84. kita harus selalu membantu dan mendo'akan mereka,.,.

    ReplyDelete
  85. semoga makin sabar dalam menghadapinya.

    ReplyDelete
  86. Semoga semuanya bisa menjadi sebuah pelajaran dan ada hikmahnya dibalik semuanya

    ReplyDelete
  87. I would like to appreciate you to for sharing such kind of impressive making above.

    ReplyDelete
  88. subhanalloh,semoga semuanya ada hikmahnya.amin

    ReplyDelete
  89. musibah memang bisa datang saja.semoga yang di ditinggalkannya di beri ketabahan

    ReplyDelete
  90. Inilah derita rakyat Indonesia yang tak berdosa akibat negri yang berantakan dan banyak korupsi merajalela....

    ReplyDelete
  91. Blog yang sangat menarik, sangat berguna untuk menambah pengetahuan saya dan banyak orang ..
    terima kasih

    ReplyDelete
  92. Natural disaster such as earthquake, Cyclone, and so on are harmful for a country after all over the country.The Mount Merapi and Mentawai Latest disaster report is really socked.

    ReplyDelete
  93. klo ingat dengan gnung merapi,ukh jadi ingat sama bah marijan ia ganzz..

    ReplyDelete

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda. Trims atas kerjasamanya

Translate

Langganan Artikel

Artikel Gtais : :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme !, Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Saung Web ! , On Blogger