1/30/09

Cara Mudah Backup Blog


Cara Mudah Backup Blog . Minggu kemarin seorang teman tanpa sadar menghapus blognya sendiri akibat salah klik, tak terlalu patal memang karena yang terhapus adalah blog tempat dia melakukan segala macam uji coba dalam mengelola blog.. sebelum dipake blog resminya.

Nah hal yang dilakukan diatas saya pikir merupakan salah satu backup juga, bahkan bukan hanya backup dari resiko hilangnya blog saja, bahkan juga dari resiko perubahan yang tidak diinginkan akibat dari pengelolaan blog atau templat, sebut saja misalnya kita memasukan adsense atau merubah kode2 htmlnya sesuai keinginan kita tapi ada yang salah dalam menulis kode2 tersebut. Tentu hal ini akan membuat blog kita jadi acak2an. Jadi dengan cara diatas hal itu bisa dihindari.

Selain hal diatas banyak cara lain untuk membackup blog kita misalnya secara manual kita bisa membuat content atau artikel secara offline dulu, kemudian simpan di file computer kita atau di flash disk, cd dll.,

Cara lainnya lagi , katanya cukup sederhana yaitu dengan menggunakan bantuan dari software crawler. Software ini menerima URL sebagai starting point proses crawling, kemudian bisa di-configure untuk men-download apa saja.. tapi saya belum coba tuh..

Ok.. saya tak akan bercerita lebih banyak lagi tentang backup membackup ini. Karena cara2 yang lain belum pernah dicoba, jadi saya hanya akan menulis apa yang pernah dilakukan dalam membackup blog ini. sama dengan tulisan2 saya sebelumnya ini “ bukan tutorial “ hanya pengalaman aja . Disamping itu saya punya penyakit yang susah sembuhnya yaitu “Pelupa” , kalau tidak ditulis atau didokumentasikan seperti ini yaaa lupa deh..

Jadi itulah motivasi utama saya menulis adalah sebagai dokumentasi saja. Kalau ada manfaatnya buat temen yang lain, syukur alhamdulillah. Kalaupun tidak saya juga masih bersyukur karena punya dokumen . he he he

Nah..biar judulnya agak keren , jadi pakai Cara Mudah Backup Blog, padahal mungkin ada cara lain yang lebih mudah.. ah sabodo teuing.. hehehe . Pokoknya saya pakai cara backup melalui blog backup online .. biasa cari gratisan lah. Lumayan layanan ini menyediakan space sebesar 5 MB. Rasanya ini lebih dari cukup untuk membackup postingan saya. Tampilan web tersebut adalah seperti ini :

BlogBackupOnline - Sign Up Now

Langkahnya adalah sbb :

  1. Silahkan klik blogbackuponline , sok atuh diklik
  2. Daftarkan identitas kita, setelah itu untuk mengaktifkan account ,biasanya kita mendapat email , ikuti aja petunjuknya.
  3. Kalau sudah aktif login kembali ke webnya atau klik lagi seperti pada no 1. Kemudian pilih "Start Registering Your Blog". Untuk meregistrasikan alamat blog kita.
  4. Masukkan alamat blog dalam kotak yang disediakan, kemudian klik tombol "Register Blog".
  5. Tunggu proses backupnya. setelah itu pilih tombol "Start Full Backup",
  6. Tamat deeh..
    Untuk mengembalikan data kita caranya masuk ke "Dashboard" , lalu klik "Manage" terus pilih menu "Content". Nah semua data-data kita ada disana.

Demikianlah sobat Cara Mudah Backup Blog .. lumayan kan dari pada data kita hilang.

Bagi sobat2 yang punya pengalaman juga dalam membackup blog ini, tolong dong masukan aja di komentar ... saya akan berterimakasih sekali.


  1. Thanks telah mampir, yo kita saling vote dan comment..
  2. Bila berkenan tolong bagikan dengan tombol share di atas.
  3. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik Disini, atau masukan email disidebar yg telah disediakan

Sobat sedang membaca artikel Cara Mudah Backup Blog, bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, dimohon meletakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

Related Post:

48 comments:

  1. gimana cara daftarnya?
    Kok langsung masuk halaman login. Tidak ada sign up?

    ReplyDelete
  2. @ Fatkoer : hehe sign up sendiri aja ya...

    ReplyDelete
  3. punyaku juga pernah hilang wah bener bener harus dibackup

    ReplyDelete
  4. thanks keren om. aku juga kebingungan nih mw pindahin postingan ke blog ku yang lain

    ReplyDelete
  5. @ Heri : soo sob makanya hrs punya backup
    @ Busines : Thanks atas kunjungannya sobat
    @ Kenali dan kunjungi obyek wisata Pandeglang : sukses ya dengan kontesnya...

    ReplyDelete
  6. thanks menarik sekali tipsnya....

    ReplyDelete
  7. I know where the images from the blog posts are, but don't know where to look for the blog posts in my backups. Can you help? Hope it's not a silly question.thanks..

    ReplyDelete
  8. mohon bantuannya...ku belum mengerti tentang Blog.bagaimana membuat blog menarik,dll..
    dan ku masih pemula dalam mengelola blog.
    mohon nasihat dan sarannya...!!!!

    ReplyDelete
  9. terima kasih atas infonya semoga berguna bagi saya yang sedang belajar buat blog

    ReplyDelete
  10. ketika blog walking mencari cara backup blog... eh nangkring deh di saung web... mantap bener nih.. ikutan cara di sini ya.. heuheu salam kenal kang..

    dan saya juga menemukan cara backup ..dengan menggunakan tool..
    coba lihat screen shot nya di sinihttp://bloggerbackup.codeplex.com/wikipage?title=Screenshots&referringTitle=Home&ProjectName=bloggerbackup
    salam

    ReplyDelete
  11. @ semua sobat aja : makasih atas kunjungannya

    ReplyDelete
  12. kak saat buka tuh website tulisannya kok bahasa Eropa dak tw.....

    ReplyDelete
  13. terus klo mo ditampilin lagi gmana donk??klo cuma backup blogspot setahu saya bisa langsung ke wordpress..jadi kita artikel kita nanti ada di blog wordpress juga, oya kunjungi blog saya juga ya..tapi gasah comment, soale saya ajah bingung bahasanya..:-)thanks for sharing brother

    ReplyDelete
  14. @ 12 inverter : ok sob saya meluncur ya..

    ReplyDelete
  15. hheeee. . .
    gini toh cara backup blog, hatur nuhun pisan kang !!

    ReplyDelete
  16. permisi kepada juragan yang punya ni blog, gw mampir di mari ni gan, dari tadi muter-muter dari mbah google, mbah google kasih wangsit buat mampir di blog agan, di postingan agan ini. nais postingan gan, minta ijin dulu nech buat bacanya..

    komen :
    nais ser gan. lam kenal yach

    Signature :
    Describe Form Hymen and Tutorial Modding Sony ericsson|Free Download Female Wallpeper Artist|Some Trips and Trick about Blog|Download Full Video Anime

    ReplyDelete
  17. Berguna nih untuk membackup blog ane yang berplatform blogger... Thanks gan...

    ReplyDelete
  18. Google akan meluncurkan fitur baru yang diberi nama Google+ (Google Plus) yang merupakan jejaring sosial buatan mbah Google. Namun kini, pernyataan yang dibuat mbah Google sempat membikin kaget dunia Blogger. Google dikabarkan bakal melakukan konsolidasi layanan-layanannya. Dua nama layanan yang selama ini keluaran Google yang telah diketahui banyak orang yaitu Picasa dan Blogger akan diganti namanya....lanjutannya klik aja judul Blog Tutorial Untuk Indonesia.

    Keep Blogging.

    ReplyDelete
  19. Google Akan Merubah Nama Picasa dan Blogger karena belum lama ini Google akan meluncurkan fitur baru yang diberi nama Google+ (Google Plus) yang merupakan jejaring sosial...

    ReplyDelete
  20. Makasih atas sharenya..... mohon komentarnya diblog aku ya.....? maklum baru belajar

    ReplyDelete
  21. low mau backup off line kek mana ya....?
    makasih

    ReplyDelete
  22. udah ada backup secara online di internet..

    ReplyDelete
  23. tak simpen dulu ni alamat buat nati jika sewaktu di perlukan

    ReplyDelete
  24. [url=http://casodex-bicalutamide.webs.com/]purchase Casodex online
    [/url] Androcal
    Probic
    buy Bicalutamide online

    ReplyDelete
  25. [url=http://www.saclongchamparefamous.sitew.us/#Page_1.A]sac longchamp[/url] The seeker closes his eyes or is blindfolded and is asked to write anything on a paper without having Top Fashion Mulberry Henry Natural Leather Laptop Briefcase Light Coffee for Men,Mulberry Outlet For Sale With Up To 60% Off. any conscious thought. The writings are believed to be a window to the unconscious or may also be a gateway to communicating with the spirits. This was initially used by psychics to treat mental illnesses..
    [url=http://quizilla.teennick.com/user/longchampsoldesa/journal/]longchamp soldes[/url] You can easily get caught up in all these pursuits and think you are targeting happiness. I mean you do all these things, keep all your commitments, make more appointments, because you think this is what it means to be happy. "I must be on the road to happiness, I have all High Quality Mulberry Women's Alexa Leather Satchel Camel Bag, on sale 80% off 2012 latest and classic Mulberry handbags. this to do.".
    [url=http://longchampmoi.web.wox.cc/blog/]longchamp soldes[/url] Supply Hot Sale Plain Style antique Womens Clutches Bags or Backpack Bags For Sale Online At Wholesale Price from Bulgaria Looking at the sudden rain curtain, theemotions to constantly I always can't get rid of rain wind crouched down, especially after the move, the Clutches Bagsof misty rain that peculiar charm, it is to let my heartstring, unable to stop, like my central sea undercurrent in the shares to confidante marveling, have a special liking. Misty rain jiangnan jiangnan misty rain, in my central sea, the unique charm can be said to be lovely, from a certain point of view, the rain is the decoration and ornament. The rainy season time, when you least expect them to walk in the rain lane with green flag alleys, popped the look up, you will often see such situation: high heels footsteps on the elegant blue and white porcelain color of broken beautiful Clutches Bags rhythm, the yellow cloth under the umbrella dance with black long hair falls, inspiration urged you pursue, and when Well-known Mulberry Women's Bayswater Leather Toter Black Bag supply cheap, Mulberry Bag makes it easy to carry, is very suitable for urban day all eyes disappeared in the misty rain willow green end, can you tell me in your heart the sea rippling??????? This, of course, ineffable feeling is only sustaining inexpressible..

    ReplyDelete
  26. Certainly. All above told the truth.
    What curious topic
    Many thanks for the help in this question. I did not know it.
    I am sorry, that has interfered... I here recently. But this theme is very close to me. I can help with the answer.
    Takes a bad turn.

    [url=http://www.youyi100.com/plus/view.php?aid=221698][b]Cheap NHL Jerseys[/b][/url]
    [url=http://eyou.12355.cityyouth.cn/space.php?uid=14950&do=blog&id=339710][b]Cheap NHL Jerseys[/b][/url]
    [url=http://www.othersidegaming.com/e107_plugins/forum/forum_viewtopic.php?311231.last][b]Cheap NHL Jerseys[/b][/url]
    [url=http://www.sdbdc.com/dvbbs/boke.asp?nhlfh95dane.showtopic.66176.html][b]Cheap NHL Jerseys[/b][/url]
    [url=http://pipizone.com/forum.php?mod=viewthread&tid=422195][b]Cheap NHL Jerseys[/b][/url]

    ReplyDelete
  27. [url=http://buy-methylprednisolone.webspawner.com/]methylprednisolone heart attack
    [/url] methylprednisolone use bronchitis
    medrol dosepak in children
    kegunaan obat methylprednisolone

    ReplyDelete
  28. Rdsepn [url=http://hermeskelly.finniwolf.com][b]hermes store[/b][/url] fake hermes handbags http://hermeskelly.finniwolf.com Uqskur Blgpuq hermes birkin

    ReplyDelete
  29. http://hermesbags.citationguide.net hermes sale hermes bags for sale ebay

    ReplyDelete
  30. Makasih bro, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  31. terima kasih atas informasinya http://goo.gl/Kp110

    ReplyDelete
  32. saya juga pernah tuh gan seperti itu, sampai kesal tapi sekarng sudah ilmu yang agan share jadi tenang aja deh terima kasih.
    gamis syar'i
    jilbab murah model terbaru
    jilbab bergo
    klik di sini

    ReplyDelete

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda. Trims atas kerjasamanya

Langganan Artikel

Artikel Gtais : :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Total Kunjungan

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme !, Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Saung Web ! , On Blogger