6/19/09

Tips Memilih Template Blog


Seperti janji pada postingan yang lalu bahwa akan coba posting tentang apa yang telah saya lakukan dalam mengganti template kemarin ini, sekarang akan coba mulai dengan Tips Memilih Template Blog yang SEO Friendly , walaupun sebenarnya saya tak begitu familier dengan kata SEO itu.

Langsung saja sebelum mengganti template atau membuat blog kita harus tahu dulu template mana yang akan dipilih karena sekarang ini terdapat ribuan template blog siap pakai yang bebas untuk di down load, supaya nantinya ada kepuasan dan tidak sering ganti2. Pengalaman saya ganti template ini hampir mandeg ditengah jalan karena ternyata tak semudah yang dibayangkan yaitu tinggal download theme yang diinginkan kemudian upload beres.. wee.. alaaa,,, ternyata hampir sama dengan membuat blog baru kenapa demikian.. yaa..memang itu yang saya alami.. penyebabnya buanyak.. salah satunya adalah template yang kita senangi atau yang jadi target.. ternyata dalemannya tak sama.. duuh gusti ...coba kalau ada aturan yang mengikat bagi semua pencipta atau creator template agar kode dan strukturnya sama.. kan gak repot.. tuh.. maunya.. hehee..

Setelah googling sama para suhu tentang template dan SEO maka saya ramu dalam Tips Memilih Template ini sbb. :

  1. Pilih template dengan side bar disebelah kanan dan tempat postingan atau isi ada di kiri. Konon hal ini sangat disenangi oleh search engine (se) karena dia akan mengindek blog mulai dari kiri dan berakhir dikanan bawah. Seperti layaknya kita baca buku.
  2. Pilihlah template dengan warna yang bersih dan terang
    Walaupun tidak ada aturan pasti untuk yang satu ini, namun kebanyakan blog yang berada di posisi pertama search engine dengan keyword tertentu,rata-rata adalah blog yang menggunakan template yang berlatar belakang putih dan terang.
  3. Kalau bisa pilih template yang struktur atau kodenya sama dengan yang lama.. kecuali kita sudah paham betul tentang kode HTML. misalnya saya mau merubah lebar kolom.. harus mencari kode ... <div id='header-wrapper'>ternyata tak ketemu sebab templatenya beda .. eh tak tahunya yang ada hanya .. #header-wrap. dsb
  4. Pilihlah template yang sesuai dengan isi dari blog. Misal; jika blog untuk bisnis, carilah template yang formal. jangan sampai memilih tampilan yang untuk kawula muda gaul, funky dll.
  5. Blog dengan gambar atau animasi perlu diperhatikan, jangan sampai terlalu banyak membebani blog, hingga berat dan loadingnya lama.
  6. Kalau bisa cari yang ada petunjuknya. Biasanya penyedia template memberi keterangan point yang harus diperhatikan dalam mensetting templatenya, termasuk penting karena menyangkut script-script yang jarang dimengerti orang awam.

Beberapa template ada yang sudah menyediakan script 'Google Adsense' ataw program 'cari duit' lainnya, hilangkan atau pastikan sudah diganti dengan script kita sendiri (tentunya kalo udah punya). Kalau tidak, sama saja mempromosikan iklan berbayar orang lain... .. kecuali untuk beramal.. hehee.. ahh sudah aja lah pokoknya inilah beberapa Tips Memilih Template Blog.. semoga ada manfaatnya..


  1. Thanks telah mampir, yo kita saling vote dan comment..
  2. Bila berkenan tolong bagikan dengan tombol share di atas.
  3. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik Disini, atau masukan email disidebar yg telah disediakan

Sobat sedang membaca artikel Tips Memilih Template Blog, bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, dimohon meletakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

Related Post:

21 comments:

  1. lo t4q di http://zona-ngapak.blogspot.com ma di http://nearie.web.id udah memnuhi syarat lum o0m?
    :)

    ReplyDelete
  2. syarat pertama dan kedua kayaknya terpenuhi, wakakaka... tapi sih sebenarnya aku pengen ganti templete karena templete yang kupakai sekarang banyak yang makai, tapi ya itu males repotnya kayak pindahan rumah

    ReplyDelete
  3. @ Na Arie .. Blog n templae nya bagus bos.. saya seneng..
    @ aa"mil ... sama-sama bos. ini hanya pengalaman aja kok..
    @ cinema3satu ... 100 % betul itu yang saya alami kayak pindahan rumah..

    ReplyDelete
  4. Kalau Boleh Di Ibaratkan ... Template Blog Itu ...

    Ya Seperti Wanita ....

    Misalkan Wajah, Kulit Tsb Boleh Di bilang Kinclong , akan Tetapi Ada Sedikit gangguan ...

    Maksud saya Gini Lho ...

    Misal Si A itu Wanita dengan Berkulitkan Putih , Manis, Bodynya BOHAiiiiiii..... , Namun Tetapi di muka tyuh ada Bintik2 Jerat dan Kulitnya tu ada bekas Luka Bakarr....

    Ya... Otomatis Si B ( Cowo ) , Yang Melihatnya Juga Segen Untuk Melihatnya ....

    wkwkwkwkwkwkkwkwk

    ReplyDelete
  5. @ Vrman Komputer Dan Laptop
    Wuakaka.. bener pisan tuh.. majahnya cuuaantik...ketika diintip lagi mandi.. eh borokan n panuan hehehe
    @ Fitri Sulistiana
    Makasih ya.. jadi kebayang . namanya aja dah bagus gini .. apalagi orangnya.... saya yakin g kayak yg di sebutin oleh sobat Vrman.. hikhik..

    ReplyDelete
  6. Jadi malu nh.. Blog aku jelek, warnahnya pun gak terang.. tapi mau gmna lagi kang,, Diriku udah jtuh cinta dengan template trsbut..

    ReplyDelete
  7. artikelnya menarik nih...tipsnya juga keren dan bermanfaat untuk saya yang suka nge=blog...salam kenal...^_^

    terima kasih infonya, silakan mampir yaa ke sini dan jika mau artikel menarik lainnya silakan berkunjung ke sini yaaa...

    ReplyDelete
  8. sharing ilmu yang menarik mas...

    salam kenal

    ReplyDelete
  9. @ Laksamana Embun : Wah jangan ngerendah sob.. templtnya bagus gitu kok
    @ feto : makasih n salam buat civitas akademik nya
    @ opang : lha kok di blognya gak isa koment sob

    ReplyDelete
  10. One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment

    ReplyDelete
  11. Makasih gan tipsnya,,, sngat membantu, terutama pemilihan template yang berwarna terang, akan ane perhatikan...

    ReplyDelete
  12. makasih mas tips dalam memilih blognya.good job.

    ReplyDelete
  13. Memang benar sobat,berkali-kali coba ganti template,yang akhirnya harus ngrapihin lagi.
    Terakhir tempalte yang dipakai saya merasa nyaman.Tetapi membaca tips yang kedua jadi pengin cari template yang ada di tips ini.Tapi mungkin lain waktu coba pakai tips yang kedua.
    Terima kasih banyak atas infonya.Sore tadi mampir,malam ini juga mampir.
    Postingannya bagus untuk pemula seperti saya

    ReplyDelete
  14. thank udah berbagi tips bermanfaatnya

    ReplyDelete
  15. ada rekomendasi ga sob,alamat yang bisa kita kunjungi untuk download template yang bgus?

    ReplyDelete
  16. template memang lebih bagus yg warna dasarnya putih, ini bagus bila nantinya kita akan pasang iklan, beih mudah ngatur warnanya

    ReplyDelete
  17. terimakasih gan tipsnya !! saya lebih suka yang mudah navigasinya gan !!

    ReplyDelete

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda. Trims atas kerjasamanya

Langganan Artikel

Artikel Gtais : :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Total Kunjungan

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme !, Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Saung Web ! , On Blogger