8/24/09

Islam Tidak Mengajarkan Kekerasan


Sebuah renungan di bulan Suci Ramadhan : Islam Tidak Mengajarkan Kekerasan.

Stigma Islam Sebagai agama teroris yang berkembang ditengah masyarakat apalagi pasca Ledakan Bom di Mega Kuningan dan tertangkapnya atau tertembaknya para pelaku kembali menguat, ini jelas perlu diluruskan`. Karena pada prinsipnya Islam sebagai agama yang mengajarkan kasih sayang, penuh cinta kasih, damai dan  lemah lembut , Islam Tidak Mengajarkan Kekerasan .

Dari berbagai ulasan dan pendapat para tokoh dan ulama terkait dengan stigma diatas menganggap bahwa katanya teroris itu salah dalam memahami Islam ,  padahal Islam adalah agama damai , rahmatan lil aalamiin yang menjamin keselamatan bagi seluruh isi alam . Jadi apa mungkin orang memahaminya dengan baik dan benar akan melakukan teror ???.


Allah telah menciptakan manusia dan alam semesta termasuk isinya dengan beraneka ragam, manusia ada laki dan perempuan, ada yang berkulit putih, hitam , sawo matang dsb, begitu juga mahluk lainnya seperti tumbuhan, hewan, batuan, dsb,  berarti kemajemukan ini sudah merupakan sunatullah . Untuk itu seyogyanya seluruh umat Islam harus menghargainya ?.


Senada dengan hal diatas Guru besar STAIN Cirebon Prof,DR.H.Abdullah Ali MA dalam kolom Percikan Radar Cirebon 17 Pebruari 2006 mengatakan : Umat islam di Indonesia seharusnya memahami kemajemukan, dan merupakan sunatullah ( hukum alam). Karena Allah menciptakan manusia dan alam semesta dengan segala isinya dengan bervariasi, beraneka ragam, kemajemukan sebenarnya sangat dihargai dalam ajaran Islam . Karena Islam sebagai agama Allah yang sesuai dengan fitrah kemanusiaan. Salah satu fitrah itu adalah kemajemukan yang hakekatnya bersumber dari ajaran Islam “ ungkapnya.


Mantan ketua ICMI Orsat Cirebon ini menjelaskan. Agama hendaknya berfungsi sebagai media intergrasi ditengah kemajemukan masyarakat serta pluralisme paham, golongan, sekte dan mazhab. Melalui pendekatan konflik ideologi secara fungsional. Setiap umat beragama termasuk umat Islam mestinya dapat mengendalikan egoisme pendapat dan fanatisme golongan. Karena belum tentu pendapat atau ideologi yang dipertahankan adalah suatu kebenaran yang mutlak. Dengan keyakinan bahwa mutlak benar hanya Allah, manusia hanya penafsir berdasarkan pengetahuan yang dimiliki.


Hakekat agama sebenarnya sebagai jalan hidup menuju keselamatan dan kebahagiaan, memberikan peluang terbuka kepada masyarakat untuk hidup dalam kemajemukan. Bahkan kalaupun ada konflik karena perbedaan, pada dasarnya bisa dipertemukan secara fungsional untuk saling mengisi dan melengkapi. “ Jelasnya.


Semua yang dipaparkan diatas hanya sebagai renungan saja, saya tak berani mengambil kesimpulan mana yang benar dan mana yang tidak benar. Yang jelas sekarang ini kita sedang berada di bulan suci Ramadhan, saya hanya berani menyampaikan… mari kita laksanakan ibadah puasa ini dengan penuh hidmat, penuh ketaqwaan dan keikhlasan. Kita yakini bahwa Islam adalah agama yang dibawa oleh Rasulullah -  Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam dan diajarkan dengan ahlak mulia tanpa kekerasan . Dengan demikian jelas bahwa Islam Tidak Mengajarkan Kekerasan .

 


  1. Thanks telah mampir, yo kita saling vote dan comment..
  2. Bila berkenan tolong bagikan dengan tombol share di atas.
  3. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik Disini, atau masukan email disidebar yg telah disediakan

Sobat sedang membaca artikel Islam Tidak Mengajarkan Kekerasan, bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, dimohon meletakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

Related Post:

31 comments:

  1. horeyyyy... dapat yg pertama uhm..
    setuju sob, islam itu agama yg sangat damai dan tenang, yg ga damai berarti bukan islam, heheheh.... PEACE EUY..!! PEACE !!!

    ReplyDelete
  2. akar kata dari islam pertama dari bahasa ibrani yaitu Syaloom=aslam=salam=islam=damai secara universal, oknum yg "memelintir" ayat suci al qur'an demi kepentingan "islam versi mereka" itulah yg merusak identitas islam yg asli, mari kita berjuang kawan untuk mengembalikan citra islam yg sejati

    ReplyDelete
  3. @ Bizril : Wiw girangnya dpt yg pertama... makanya rajin2 ngabsen disini.. hihi .. btw linknya dah di add tuh sob...
    @ hill : Thanks , tambah lagi nih wawasanku.. itulah hikmah bersilaturahim... makasih sohib.. n met berpuasa

    ReplyDelete
  4. benerr saya yakin bukan hanya islam yg tidak mengajarkan kekerasann...agama lain demikian juga.cuman kita sebagai manusianya aza yg kadang gak bisa memilih mana jalan yg bener dan salah

    ReplyDelete
  5. Waws.. tiap mampir pasti aja ada artikel baru .. n ok2 nih.. terus berkarya sob..

    ReplyDelete
  6. Islam Tidak Mengajarkan Kekerasan. Benar sekali itu kang mas
    selamat menjalankan ibadah puasa kang mas
    salam sukses..

    ReplyDelete
  7. salam sobat
    nice info
    iya benar ya,,islam tidak mengajarkan kekerasan kok,,,tapi umatnya yang kadang melanggar ajaran yang ditetapkan di ALQUR'AN tersebut,,,,,,,,,
    dengan bawa nama islam.

    ReplyDelete
  8. Islam itu Rahmatan Lil alamin...

    ReplyDelete
  9. @ John Son : betul sekali semua agama mengajarkan cinta kasih dan damai
    @ Luky : Makasih Makanya sering mampir ya
    @ Mengembalikan Jati Diri Bangsa : Makasih ya..Selamat deh dah nyampe puncak klasemen.. tinggal perthankan aja tuh
    @ Nura : Betul sekali bu.. wah jadi malu nih ama bu ustadzah
    @ Cantigi : Makasih.. hatur nuhun dah rurumpaheun ka saung butut

    ReplyDelete
  10. salam cinta damai dari saya,

    Islam sememangnya terlalu indah,lebih-lebih lagi bagi kami yang baru menjiwainya.
    artikel ini sangat menyentuh, saya bangga sekali membacanya.

    terima kasih saudaraku.

    ReplyDelete
  11. ok s0bb, sory telat... keep your spirit blogging.!!
    jgn bosen2 mampir yahh..

    ReplyDelete
  12. wah, betul nih sob..
    lha wong kita yang bukan muslim aja sebenarnya kagum sama pemeluk Islam. tapi karena ulah sebagian kecil (baca : teroris) pihak aja yang sring bawa-bawa nama Islam..

    ReplyDelete
  13. Setuju saya, mas. Selamat menunaikan ibadah puasa

    ReplyDelete
  14. betul mas...islam itu indah...Allah aja menyukai keindahan :). saya juga sepakat sama mb nura :)

    Fitri alifah

    ReplyDelete
  15. satuju pisan islam mah tidak mengajarkan kekerasan... pokoke keep blogging, sebab hidup ituh indah betul...?

    ReplyDelete
  16. Ah memang islam itu indah , damai dan agung dll...andai kita bisa menghayati ajarannya... dengan benar..

    ReplyDelete
  17. Sebuah Renungan Pada Saudara2ku,
    Setelah saya baca Artikel ini dan membaca Koment teman2, saya sebagai ummat islam juga tersentuh hati untuk Membuka Paradigma Saudara2ku tentang TERORIS.
    Saya Lihat kita sudah mulai tidak menyukai (Benci)Terhadap sesama Muslim Terutama Teroris dan mulai negatif terhadap yg pakai Jubah dan berjenggot.
    Hati2 dengan Konspirasi Amerika,Konspirasi Politik.
    Jika memang dalang semua ini ummat islam kenapa Tidak Teror Malaysia,Thailand,singapura dll. Padahal katanya Tujuan teroris utk menghancurkan aset Amerika CS.
    Dan JIka TOKOH Norrdin REAL adanya " Kenapa sampai sekarang Belum Tertangkap". Kenapa juga Osama Belum Tertangkap?
    Mohon Direnungi
    Lihat juga Postingan ini
    Wawancara Exclusive dengan noordin M.top

    ReplyDelete
  18. @ semua sobat makasih atas kunjungannya ya...
    @ daenk blog : wah mimpi sobat indah sekali.. sarat dengan pesan moral .. sering2lah mampir ke sini ya..

    ReplyDelete
  19. berarti,
    Amrozi CS,
    Osama Bin Laden,
    Taliban, Hamas,
    FPI,
    bukan Islam?

    tanya:
    1. bagaimana Muhammad memenangkan peperangan?
    2. knapa Sunni vs. Syiah saling bunuh pake bomb?
    3. knapa begitu ada kartun Muhammad, timbul kerusuhan di bbrp negara yang ada muslimnya ntah itu sbg mayoritas atopun minoritas (di bbrp negara eropa)?

    ReplyDelete
  20. One accessory that many pandora beads women consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for pandora bracelet ladies handbags in the marketplace that the selection just constantly increases. As each new season begins there are pandora bracelets uk dozens of new designs of ladies handbags available. pandora charm bracelet Every woman has her own sense of style and therefore she’ll tend to purchase ladies pandora charms handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. pandora charms bracelets These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and pandora jewellery carry the names of some of the most celebrated designers in the world. Designer pandora jewelry ladies handbags are very expensive but many women view them as a fashion pandora uk investment

    ReplyDelete
  21. Membunuh saudara islam kita jaga merupakan dosa besar,, Itu yang sudah dilakukan para teroris,,, betapa banyak saudara islam kita yang ikut terbunuh dalam aksinya....

    ReplyDelete
  22. Betul Mas Bro sebenarnya Islam mengajarkan kedamaian dan lebih mengutamakan diskusi jika terjadi perbedaan dan menghargai pendapat masing2 individu

    ReplyDelete
  23. benar, islam itu indah dan penuh kedamaian..

    ReplyDelete
  24. malah mengajarkan kelembutan yg tiada tara..

    ReplyDelete
  25. namun islam lbh mengutamakan musyawarah..

    ReplyDelete

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda. Trims atas kerjasamanya

Langganan Artikel

Artikel Gtais : :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Total Kunjungan

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme !, Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Saung Web ! , On Blogger