12/15/12

Problem Setting Komentar User Friendly


 Setting Komentar Pusing Coy !Problem Setting Komentar User Friendly sengaja saya posting berdasarkan pengalaman  yang dirasakan dalam berkomentar di Blog atau Web yang lain serta fakta yang di hadapi blog ini dalam Setting Komentar User Friendly .

Ok langsung saja ke topik bahasan Permasalahan atau Problem Setting Komentar User Friendly. Ini bukan teori SEO atau Tutorial Blog,  apalagi menggurui.. ampun paraluuun.. hanya pengalaman yang saya rasakan, mungkin lebih cocok disebut curhat dari sebuah Fakta Vs Dilema..

  1. Saya lebih suka komentar pada blog yang setting komentarnya Embedded atau Tersemat dengan fitur lengkap ada Name/URL . Cara settingnya  Pada Pos dan Komentar, pilih Tersemat , Semua Orang , Moderasi Komentar Tidak Pernah,  Tidak menampilkan Verifikasi kata. Dengan setting semua orang nanti ada pilihan  Name/URL dan Anonymous. Dengan fitur ini bisa memasukan Nama atau judul Blog dan URL postingan.
  2. Pilihan lain seperti Pengguna Terdaftar, Google Acocunt, Open ID, dll. Menurut saya kurang user friendly. sebab  harus loading dulu lah, tidak verified lah, pokoknya ribet. Apalagi koneksi internet saya lambat sekali, boro-boro buka blog lain.. lha buka blog sendiri aja kadang susah.

    Problem Setting komentar

  3. Dengan problem tersebut biasanya sebelum komentar, suka lihat dulu kalau setting komentar seperti nomor 2 diatas.. gak jadi deh.. langsung kabuur.. kecuali terpaksa.
  4. Soal moderasi komentar.. ini kan ketahuannya setelah publish komentar. Begitu ada kata2 “ Komentar anda menunggu persetujuan “ atau apapun tulisannya. Kok ada perasaan gak nyaman dihati ya.. padahal itu kan blognya orang. Apalagi kalau misalnya Pagerank nya dibawah kita. Mungkin sifat saya jelek ya.. ??
  5. Pada format komentar yang meminta alamat email ..lebih baik kabuuur..
  6. Veriikasi kata sekarang susah2 ya, apalagi mata sudah disambung. Kalau 2 kali kode captcha salah… kabuur. bikin pusing aja…
  7. Setting komentar dengan Jendela munculan atau Popup Window juga kurang user friendly.. seperti pada blog ini.. Nah inilah sebenarnya yang akan saya utarakan sebagai curhat antara fakta dan dilema yang jadi Problem Setting Komentar User Friendly pada judul postingan ini..

Posting ini sebagai reaksi spontan setelah minggu kemarin sempat merasa heran karena postingan terbaru yang sudah seminggu dipublish kok gak ada komentar satupun. Biasanya begitu postingan dipublish suka langsung ada komentar. Setelah klik postingan tersebut baru tahu ternyata kotak komentarnya hilang alias gak muncul.. Pantesaaan.

10 Fakta dan Dilema yang di hadapi untuk 3 blog saya dalam  Setting Komentar User Friendly seperti ini , biar sobat blogger  pada maklum :

  1. Flatform Blogspot dalam jumlah komentar dibatasi hanya sampai 200 selebihnya komentar tersebut tidak mau muncul alias load more… teruus. Ini kalau setting Pos dan Komentarnya pakai Embedded atau Tersemat.
  2. Fakta.  Ketiga blog saya tersebut seperti blog ini jumlah komentar nya ada yang sudah hampir mencapai 1.000 bahkan lebih coba aja lihat disini atau postingan ini..
  3. Untuk mengatasi itu maka settingnya terpaksa pakai Popup Windows/ Jendela Munculan agar komentar diatas 200 bisa muncul / terbaca dan ini dibayar mahal oleh sobat2 yang harus loading dulu kalau mau berkomentar
  4. Sebagai rasa terima kasih dan penghargaan untuk sobat blogger yang berkomentar, saya tampilkan daftar komentar atau Recent Comment di sidebar yang setingnya Dofollow. Jadi walau blognya Nofollow tapi Recent Comment nya Dofollow.. silahkan di check, Ini yang banyak tidak diketahui.
  5. Banyak komentar pasti banyak  pula sobat2 yang baik hatinya suka memasukan Link Aktif  dalam komentarnya. Kadang beberapa jam saya harus mendelet komentar itu.
  6. Solusi untuk point 5 diatas maka saya pakai script otomatis untuk mematikan link aktif dalam komentar. Ini sangat mantap , semua tautan atau link aktif hilang seketika, mungkin dimakan jin blogger. hehe… (belum ketawa, dari tadi serius mulu).
  7. Karena merasa tenang gak akan ada spam lagi, saya jadi jarang buka blog…keasyikan ngonsep bahan posting . Naaah !!! akibatnya  saya baru tahu sudah seminggu lebih  ternyata gak ada yang comment . Yang jadi Penyebab karena kotak komentarnya hilang , seperti yang diutarakan di atas.
  8. Dari pengalaman ini ternyata Script blokir link hidup tersebut, hanya efektif  untuk  Embedded. Sementara untuk setting dengan Popup Window tidak bisa digunakan sebab semua link aktif mati termasuk link untuk membuka Popup Windows tersebut yang biasanya pakai kata Post a Comment. Inilah problemnya.
  9. Dilema… buah simalakama.. dipasang script blokir link aktif, harus pakai Tersemat, resikonya komentar yang muncul hanya 200, selebihnya gak terbaca. Kalau pakai Popup Window, semua Komentar bisa tampil. namun script anti link aktif harus di delete. Pilih mana ya…
  10. Setelah dipertimbangkan & hasil Istiharah… duilee sok alim.., maka diputuskan untuk tetap dengan setting Popup Windows atau Jendela Munculan dengan resiko menghapus script anti spamer tersebut..

Nah itulah Sepuluh Fakta Dan Dilema sekaligus curhat kali ini yang dikemas dalam  Problem Setting Komentar User Friendly. Mohon maaf bila ada yang kurang yaman dan saya sadar lain orang lain selera. Setelah ini saya jadi punya bahan untuk posting lanjutannya, tunggu saja tentang :

  • Cara Mematikan Link Aktif Pada Komentar Blogger
  • Cara Mengganti Tulisan Post Comment Dengan Kata Lain
  • Memindahkan Tulisan Post Comment Ke Luar Area Scroll komentar.


  1. Thanks telah mampir, yo kita saling vote dan comment..
  2. Bila berkenan tolong bagikan dengan tombol share di atas.
  3. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik Disini, atau masukan email disidebar yg telah disediakan

Sobat sedang membaca artikel Problem Setting Komentar User Friendly, bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, dimohon meletakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

Related Post:

53 comments:

  1. kalo saya sebenarnya suka yang simpel. komentar tanpa verifikasi yang rumit dan bermacam-macam syaratnya. maka, saya pun mempersilakan teman2 untuk komen di blog saya dengan cara yang simpel. mau ngomong apapun nggak masalah. kalopun nanti ternyata ada yang agak SARA atau menyakahi perundang-undangan yang ada (haha..), gampang saja, tinggal dihapus aja.

    ReplyDelete
  2. @zachflazz: Benar bos.. mending yang simple2 aja.. setuju 100 %

    ReplyDelete
  3. Wow curhat ni yee... emang kadang kita punya pilihan dengan berbagai resiko

    ReplyDelete
  4. Ini memang ini fakta dan dilema, tapi pilhannya tepat tuh

    ReplyDelete
  5. Dari pada susah dan ribet utk berkomentar memang mending kabuur aja

    ReplyDelete
  6. kalo saya sih moderasinya tek aktifin..

    ReplyDelete
  7. Setuju tuuhh... terkadang yang ribet ribet bikin waktu yang tersisa jadi terbuang sia-sia banget...

    ReplyDelete
  8. Setuju sertus proses .. pokoknya kalau ribet kabuur

    ReplyDelete
  9. pantesan saya cari-cari untuk komen,,saya pikir gak ada tempat untuk komen,,hhe

    ReplyDelete
  10. kalo menurut saya mah yang penting yang simple-simple aja,,gak pake ribet,,hhe

    ReplyDelete
  11. wah,,tempat komentar yang baru yah gan??

    ReplyDelete
  12. gak perlu ribet,,biar aman dan menyita waktu,,hhe

    ReplyDelete
  13. Btul tuch gan, saya sngt stuju dngn konsep form komentar yg user friendlynya... Lanjutkan..

    ReplyDelete
  14. iya,,bro lebih enak yang simple jaa

    ReplyDelete
  15. Berarti kriteria agan sama dengan saya, saya juga nggak suka kotak komen tersembunyi, terus pakai verifikasi dan nunggu moderisasi :(
    Blog saya bebas dr itu semua :)

    ReplyDelete
  16. Thanks yaa gan for sharednyaa..
    Ane baru tau Hehehee :D

    ReplyDelete
  17. Thanks yaa gan for sharednyaa..
    Ane baru tau Hehehee :D

    ReplyDelete
  18. hari yang cerah,,, kunjugan perdana saya nih pak, mohong di bantu ya bimbingan nya http://goo.gl/3DFxpj

    ReplyDelete
  19. web yang penuh insfiratif, terima kasih sudah menjadi memotivasi saya, sukses terus ya salam kenal dari http://goo.gl/moQwHE

    ReplyDelete
  20. Setuju tuuhh... terkadang yang ribet ribet bikin waktu yang tersisa jadi terbuang sia-sia banget...

    ReplyDelete
  21. hmmm... infonya sangat bermanfaat sekali gan

    ReplyDelete
  22. terimakasih telah berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat sekali
    di tunggu informasi selanjutnya, sukses terus

    ReplyDelete
  23. thank ya sangat membantu
    kalau mau tau rahasia cantik para artis main ke web ku yaa ^_^ beauty water.id
    obat kuat
    obat kuat pria
    obat pembesar penis
    vimax asli
    pembesar penis jakarta
    sex toys wanita
    obat perangsang
    http://wwwcf.fhwa.dot.gov/exit.cfm?link=http://obatkuatalong.com
    http://stnw.nhtsa.gov/exit.cfm?link=http://obatkuatalong.com
    http://obatkuat.coffeecup.com

    ReplyDelete
  24. apabila sobat sedang mencari obat Ambeien yang ampuh dan solusi cara mengobati wasir atau ambeien dengan alami tanpa operasi cepat sobat sedang berada di web yang tepat karena kami obatwasirme.blogspot.com menjual obat Ambeien yang aman cepat dan ampuh Mengobati Ambeien dengan Ambeclear dari De Nature buktikan segera dengan menghubungi kami di nomer 0852-808-77-999

    ReplyDelete

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda. Trims atas kerjasamanya

Langganan Artikel

Artikel Gtais : :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Total Kunjungan

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme !, Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Saung Web ! , On Blogger