11/24/09

Dari Mina Ke Mekah Al Mukaromah


Haji,Lempar Jumrah

Sedikit bernostalgia tentang catatanku Dari Mina Ke Mekah Al Mukaromah saat pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2005/2006 tepatnya hari Kamis 12 Januari 2006 (12 Zulhijjah 1426 H), karena mengambil nafar awal maka hari itu adalah hari terakhir di Mina. Saya posting perjalanan pulang Dari Mina Ke Mekah Al Mukaromah karena punya pengalaman yang tak akan terlupakan . Kemudian wukuf di Arafah untuk jemaah haji tahun 2009 ini dilaksanakan Kamis tgl 26 Nopember 2009. Itu berarti mungkin besok semua jemaah haji sudah berangkat menuju padang Arafah.

Alhamdulillah kami diberi kemudahan sejak hari pertama sampai terakhir dalam ritual melempar jumrah dan hari terakhir itu karena banyak ibu2 yg sudah uzur/sakit dan minta di wakili maka ketua rombongan membagi tugas untuk mewakilinya, ini lebih baik dari pada dipaksakan sementara kondisi tak memungkinkan, apalagi tersiar kabar bahwa 2 hari kemarin ada ratusan orang jemaah yang meninggal akibat berdesak-desakan ( Seminggu kemudian baca berita ternyata seluruhnya ada 362 orang jemaah haji yang meninggal saat lempar jumrah ini)... Innalillaahi wa innaa ilaihi raa jiuun. Akhirnya dengan niat ikhlas menolong sesama saya sebagai ketua regu punya beban mewakili melempar 3 jumrah (ula,tsani, dan aqobah) bagi seorang ibu yang sudah berusia lanjut diatas 65 tahun dan berangkat seorang diri karena memang suaminya sudah almarhum.

Wukuf Di Arafah

Masih teringat jelas ketika saya dan istri mau berangkat lempar jumrah, ibu Hj.Yayah R. (Biasa dipanggil Mak Yayah) yang saya wakili tersebut dengan mata berkaca-kaca penuh rasa terima kasih , berkata ” Emak doakan semoga bpk dan Ibu diberi kemudahan seperti hari kemarin. Pokoknya Emak akan tetap tinggal ditenda untuk berdoa dan membaca Al Qur’an sampai bpk dan ibu tiba lagi ditenda dengan selamat ”. Katanya terbata-bata. Entah berkat doanya atau doa siapa, kenyataanya kami diberi kemudahan dalam ritual itu, tak ada desak2an , rasanya jalan begitu lapang, lancar dan nyantai. Subhanallah.. Ketika kembali ke tenda Mina , tampak Mak Yayah orang desa yang lugu dan polos ini masih khusuk membaca Al Qur’an, dia begitu gembira saat melihat kami datang , kemudian bersujud ,mengucap syukur dan terima kasih. Perlu diketahui bahwa pada tahun 2006 yang lalu tempat melempar jumrah ini hanya dua lantai tidak seperti sekarang yang katanya sudah ditambah menjadi 5 lantai , sehingga pelaksanaanya mungkin akan lebih mudah dan tertib dibandingkan tahun dulu.

Ditinggal Bis Rombongan

Pukul 11.00 WAS sesuai jadwal yang ditetapkan semua rombongan telah bersiap untuk pulang/kembali ke Mekah , satu persatu jamaah meninggalkan tenda berebut menuju bis yang telah disediakan., ketika mau berangkat semua anggota regu ribut karena Mak Yayah belum ada , katanya lagi ke Jamban dulu. Waduuh.... akhirnya saya dan istri turun dari Bis maksudnya mau nyusul ke jamban, nyampe di jamban ternyata memang ada . Kami tunggu .. lamaaaa.. sekitar 10 menit baru keluar. Istri saya mengingatkan ” Sabar ya pak.. kasihan si Emak, lagian sebagai ketua regu harus tanggung jawab lho ” katanya menghibur.

Kamipun segera ke tempat bis dan ternyata sudah berangkat.. kami bertiga dan juga sekitar 10 orang yang dari rombongan bis pertama di tinggal .. akhirnya ikut rombongan Bekasi, tak apa yang penting masih satu Maktab pikirku.

Perjalanan yang melelahkan

Menurut yang saya rasakan bahwa yang paling berat dalam pelaksanaan ibadah haji ketika itu adalah saat perjalanan Arafah, Muzdalifah, Mina kemudian kembali lagi ke Mekkah. Bagai mana tidak, satu bis itu dijatah untuk 2 rombongan ( 90 orang ), otomatis berdiripun sangat berdesakan, walaupun ada AC tetap saja udaranya terasa pengap dan panas. Apalagi katanya ada beberapa bis yang AC nya tidak jalan. Waah kebayang panas dan pengapnya, terus semua kendaraan jalan merayap karena memang selalu macet.

Seperti saat itupun perjalanan terasa pengap dan panas, keringatpun bercucuran. Penumpang di bis ini diperkirakan lebih dari seratus orang, jalan merayap, kadang lama berhenti dulu sementara pintu dan jendela tak boleh dibuka, begitu kata sopir yang orang Yaman itu. Ingin buang air kecil pun terpaksa dengan sekuat tenaga harus ditahan. Subhanallah .. Benar2 kesabaran kita sedang diuji disini

Sempat berpikir dalam hati.. wah teman2 yang duluan berangkat pasti sudah nyampe di Maktab/hotel, terbayang pula mereka sudah beristirahat dikamarnya masing-masing, sementara saya masih berdesakan dalam bis selama 6 jam padahal Jarak antara Mina dan Mekkah hanya 8 km saja. Dalam hati ada sedikit rasa kesal juga , coba tadi Mak Yayah tak ke jamban dulu...

Singkat cerita setelah 6 jam baru tiba kembali di hotel tempat kami menginap dan heran ketika sampai di kamar kok yang lain belum pada datang. Ternyata kami yang ditinggalkan itu tiba lebih dulu. Akhirnya bersyukur juga mungkin ini hikmah dari Mak Yayah yang tadi ke jamban dulu , buru-buru sayapun minta maaf karena tadi dalam hati sempat merasa kesal .. Terima kasih Mak Yayah..

Dua jam kemudian baru datang 2 rombongan lagi (1 Bis) , karena saya ikut KBIH Arofah dan jumlahnya ada 5 rombongan (225 orang) berarti masih 3 rombongan lagi yang belum datang termasuk yang rombongan saya, ditunggu sampai 10 jam masih belum datang juga , akhirnya atas inisiatif KH.Asep salah seorang ketua rombongan/pembimbing dari KBIH yang sudah tiba di maktab mengumpulkan semua anggota KBIH yang telah tiba untuk Sholat hajat, baca surat Yaasin dan berdoa agar rombongan lain juga segera tiba. Satu jam kemudian rombongan terkahir tiba pada pukul 01.00 WAS.. itu berarti dari Mina ke Mekah untuk jarak 8 Km ditempuh selama 13 jam . Katanya penyebabnya selain terjebak macet juga nyasar.

Alhamdulillah setelah semua anggota KBIH tiba di tempat.. kamipun istirahat menyongsong hari esok melaksanakan thawaf ifadah , sa’i dan diakhiri dengan Tahalul sebagai akhir dari semua proses ritual pelaksanaan ibadah haji tinggal 1 lagi wajib haji yang perlu dilaksanakan yaitu  thawaf wada saat meninggalkan kota Mekah nanti.

Setelah tahalul tsani semua bersujud dan bersyukur kami menangis ,berangkulan penuh haru karena rukun/wajib haji telah dilaksanakan sesuai buku pedoman dari Departemen Agama RI, semoga ibadah kami diterima oleh Allah SWT. Amiin yaa robal Alamiin...  Selanjutnya masih ada waktu 10 hari lagi di kota Mekah sebelum berangkat ke Madinah untuk melaksanakan ibadah shalat arbain di Masjid Nabawi dan kembali ke tanah air, kekampung halaman berkumpul kembali dengan keluarga dan handai tolan dengan membawa kenangan indah ritual pelaksanaan ibadah haji yang syarat dengan ujian kesabaran dan keikhlasan, wisata rohani yang tak akan terlupakan, salah satunya adalah perjalanan pulang dari Mina Ke Mekah Al Mukaromah. Amin..

Technorati Tags: ,


  1. Thanks telah mampir, yo kita saling vote dan comment..
  2. Bila berkenan tolong bagikan dengan tombol share di atas.
  3. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik Disini, atau masukan email disidebar yg telah disediakan

Sobat sedang membaca artikel Dari Mina Ke Mekah Al Mukaromah, bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, dimohon meletakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

Related Post:

100 comments:

  1. Enak Kang Saung..udah melaksanakan ibadah puncak tersebut. Kapaaan ya giliran saya??? Do'ain ya Kang, heheheh

    ReplyDelete
  2. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    saya belum dapat giliran,nih. Kapan, ya?

    ReplyDelete
  3. mengamankan KETIGAX dulu ah... ibadah Haji terasa enaknya kang, semakin dekat saja kita pada pencipta.. mudah2an yang lagi menjalankan ibadah haji pulangnya membawa haji yang mabrur. amin

    ReplyDelete
  4. @ Adrie : Memaksakan sobat mumpung tenaga masih fresh.. hehe..
    @ alamendah : Asal dah ada niat Insya Allah kesampaian kok sobat
    @ Mbah Gendeng penebar pesona : silahkan amankan siapa tahu ada penyusup yg masuk hehe

    ReplyDelete
  5. Memang Ibadah haji ini perlu persiapan fisik yang prima ya..

    ReplyDelete
  6. Itulah hikmahnya kita saling tolong menolong apalagi ini dalam ibadah haji

    ReplyDelete
  7. jadi terharu bacanya...banyak godaan ketika berhaji...tapi dengan doa insyaallah semuanya dimudahkan, amiinnn.

    ReplyDelete
  8. Subhaanallah, ujian kesabaran telah dilewati dengan sukses pada ibadah haji yang dirindukan semua kaum muslimin.

    ReplyDelete
  9. ingat saung jadi laper masakan sunda nih !

    ReplyDelete
  10. @ Collections
    @ sda
    @ Muchlisin
    Yah memang benar sobat.. kesabaran kita memang benar2 di uji dan dipertaruhkan di sini
    @ Dofollow PR 2 : Tak perlu sobat.. itu kan hanya sebutan orang Indonesia aja.. ok malah kadang saya suka malu kalau disebut seperti itu
    @ easy mas : wah ternyata juragan dollar nih.. kapan2 boleh dong buatkan utk saya..

    ReplyDelete
  11. Subhanallah .. Benar2 kesabaran kita sangat diuji disini yah

    ReplyDelete
  12. wahhh Bang Haji... perjalanan yang sangat ditunggu seumur hidup Kaum muslim...selaammat ya Bang??

    ReplyDelete
  13. wah haji sudah mulai muncul,, hmm, saya jadi inget orang tua kawan saya yang sedang ke tanah suci sekarang

    ReplyDelete
  14. wahh tentu suatu pengalaman yg sulit diucapkan dgn kata2 seandainya bisa kesana :)

    ReplyDelete
  15. @ Tiras Tea
    @ Belog
    Trimas sobat atas kunjungan n komentarnya
    @ secangkir teh dan sekerat roti : ya semoga aja diberi kemudahan dalam melaksanakan ritual ibadah nya ya
    @ The international time : hehe begitulah sobat.. gimana tuh dengan Etoo nya

    ReplyDelete
  16. Pak, saya baca postingan ini sambil menangis haru.saya dan suami berangkat tahun 2006/2007,jadi teringat pengalaman saya dan suami. Ceritanya hampir sama :)

    Setelah melaksanakan jumrah, ada anggota kelompok yg mengusulkan untuk pulang duluan ke Mekkah dengan mencater mobil tanpa menunggu bis yg disediakan. Sebenarnya saya dan suami kurang setuju, apalagi dihari terakhir itu, kata suami saya demam, tapi saya sendiri tidak menyadarinya.Suami saya berpikir, jika menunggu bis datang maka ada waktu untuk saya beristirahat.

    Tapi dengan pertimbangan menjaga kekompakan kelompok, akhirnya kami setuju ikut. Tapi ketika kami tiba pada tempat dan waktu yg telah disepakati, ternyata mobil yg dicater telah bergerak, bahkan kami masih sempat melihat mobilnya,dan salah seorang teman yg ada didalam mobil itu melihat kepada kami.

    Alhamdulillah suami saya orangnya penyabar,sehingga tidak sampai marah,saya sangat sedih, hanya berdoa agar kami diberikan kemudahan sampai ke mekkah.

    Kami kembali ke tenda, alhamdulillah justru sempat beristirahat dan minum obat, beberapa jam kemudian bis datang, kami pun pulang ke mekkah, perjalanan yg menyenangkan, bisnya bagus, suasana gembira karena kloter kami selesai melaksanakan jumrah dan badan saya juga telah segar kembali.

    ketika kami sampai, kamar masih kosong, teman2 yang pulang duluan belum sampai, ternyata mobil yg mereka cater, terjebak macet selama berjam-jam didalam sebuah terowongan.

    Sungguh Allah menunjukkan kekuasaan dan keadilannya, bagi orang-orang yg sabar dan ikhlas ya Pak..

    ReplyDelete
  17. Kang Saung, membuat Daftar Isi pake scroll gitu gimana caranya? Ajarin dong.....

    ReplyDelete
  18. Pasti nikmatnya tiada tara ya kang bisa jadi tamu di rumah Allah..

    ReplyDelete
  19. @ Lyna : Subhanallah .. Kita punya pengalaman yg sama bu Hj.. memang benar kesabaran dan keihklasan adalah energi dahsyat dalam ibadah haji ini dan itu telah kita alami dan akan menjadi kenangan indah abadi sepanjang hayat..
    @ adrie : coba aja pakai cara ini http://saungweb.blogspot.com/2009/05/membuat-daftar-isi-postingan-blog.html
    @ tukangpoto : Wah sangat nikmat sobat , bahkan sulit dilukiskan dengan kata2

    ReplyDelete
  20. Sabardan ihklas yang berbuah kenikmatan .. Sungguh pengalaman yang tak akan terlupakan tuh

    ReplyDelete
  21. Alhamduillah, Kang Saung udah pernah ke Mekkah, berhaji ke Baitullah. Betapa bahagianya ya,Kang. Mendengar ceritanya saja rasanya ada getaran, apalagi berhaji sendiri.

    ReplyDelete
  22. Sharing kang Saung bisa jadi inspirasi buat kita2 yg belum berangkat ke tanah suci.

    ReplyDelete
  23. @ Tirta
    @ Iklan Baris
    @ Bahauddin Amyasi :
    @ Edwin's Personal Blog
    Yah memaksakan diri sobat n coba posting ini hanya untuk kenangan pribadi.. syukur alhamdulillah kalau ada manfaatnya buat yang lain.. paling tidak ada gambaran bahwa seperti itulah pengalaman nyata yg sy alami.. jadi kalau sobat2 ada niatan ke sana... maka persiapan mental dan fisik harus benar2 dipersiapkan

    ReplyDelete
  24. Subhanalloh.. mengharukan dan mencerahkan.. jadi rindu ingin segera kesana ..
    makasih sharingnya kang :)

    ReplyDelete
  25. salam sobat
    haru dan seru membaca kenangan haji sobat dan istri,,,
    ketinggalan bis rombongan juga,,,
    tapi alhamdulillah menjadi haji dan hajjah mabrur.

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum,
    Membaca postingan ini, jadi ingin kembali lagi kesana, InsyaAllah, mudah2an, amin.

    ReplyDelete
  27. @ kakara : Semoga segera kesampaian sobat.. amiin... saya doakan deh
    @ Nura :
    @ jalandakwah :
    Makasih bu hj.. semoga kita diberi kesempatan lagi utk pergi ke sana.. amin

    ReplyDelete
  28. wah...sering dengerin cerita2 perjalanan haji...jadi pengen kesana :)..doain semoga bisa nyusul ya..pengen ^^


    Cara asyik Belajar Al Quran untuk anak

    ReplyDelete
  29. wah keren ente ya kang, gimana rasanya nyium batu hajar aswad ya...?

    ReplyDelete
  30. @ Fitri : Semoga segera kesampaian jeng fitri.. amin
    @ Note gold : gak sampai ngecup tuh cuma ngaba aja... abis susah bener.. sangat berebut

    ReplyDelete
  31. wah saya terlambat comment nich,hehheee

    kalo membaca pengalaman mas saya cukup berkeyakinan kalo kita disana memang diuji ya??

    ReplyDelete
  32. setiap kali mendengar pengalaman keluarga atau sahabat2 yg udah naik haji, apalagi kalo melihat di tv suasana disana hati ini rasanya ingin sekali kesana. mudahan saja bisa mengikuti jejak sahabat, tolong do'a ya..

    ReplyDelete
  33. wah kelupaan nich, kode awardnya udah saya perbaiki, kemarin pake alamat yg ngasih mungkin error dari sananya. kemarin, saya upload di photobucket. silahkan diambil mas yaa :)

    ReplyDelete
  34. @ rumah blogger : Biar terlambat dari pada ketinggalan.. eh gak yambung yah.. hehe
    @ sabirinnet : Insya Alah saya doakan semoga segera kesampaian, yg penting dari sekarang niatkan utk kesana.

    ReplyDelete
  35. Berita kemarin Mekah dan sekitarnya diguyur hujan besar hingga banjir tebdadan karfet i arafah dan minapun basah... duh gimana tidur dan duduknya para jamaah ya.....

    ReplyDelete
  36. wakh kapan nih aku bisa naik haji kek mas.....enak ya mas disana

    ReplyDelete
  37. wih..seneng banget denger pengalamannya.
    hehe..,8 km ditempuh 18 jam?
    Bang Haji, Kalo ONH Plus, katanya lebih mudah ya bang?
    Tapi...Mahalnya gak ketulungan.

    ReplyDelete
  38. @ JR : Bukan enak hanya nikmat ibadah saja.. karena kita fokus.. gak ingat sama kerjaan dll , tahunya hanya ibadah aja
    @ Humor Bendol : Bedanya dengan ONH plus hanya fasilitas hotel aja, biasanya lebih dekat ke Mesjid dan hotelnya lebih bagus, tapi kalau yg ONH biasa tergantung hotelnya sih... waktu saya dulu deket juga cuma jalan kaki 15 menit kalau mau ke mesjidil haram itu. Kalau soal bis dan macet.. ya sama aja.. tak ada yg bisa menghindar hehe..

    ReplyDelete
  39. wah kang saung sudah melaksanakan ibadah haji :)
    enaknya....

    ReplyDelete
  40. Terimkasih atas kunjungannya... pergi haji adalah impian setiap muslim... namun mahal biayanya...!!

    ReplyDelete
  41. Wisata Rohani penuh barokah ,dengn segala amal ibadah yg ikhlas segala sesuatu insyaallah akan dimudahkan oleh Allah .Rasa syukur yg membuat bertambah keyakinan kepada Allah dari segala anugerah yg telah kita dapatkan ditanah suci.

    Semoga kita terpanggil kembali untuk ke Baitullah amin.

    ReplyDelete
  42. wah,, kapan yah aku bisa berangkat haji??

    ReplyDelete
  43. @ Andriristiawan : Alhamdulillah.. maksakeun sob.. mumpung msh muda n tenaga masih press
    @ Lembaga Pelatihan : Itlah permasalahan di negara kita ya pak... dari dulu tuh..
    @ ateh75 : Amin teh.. semoga aja ya.. meski hrs nunggu 5 thun lagi..
    @ yanuar catur rastafara : Insya Allah sobat.. asalah di niatin dari sekarang..

    ReplyDelete
  44. Laporan pandangan mata yang bagus mas.
    Terima kasih atas kunjungannya.
    Salam.

    ReplyDelete
  45. @ lambang : Makasih sobat but URL nya kok error tuh
    @ kidung jingga : saya turut doakan ,,nuhun kamana bae atuh ??

    ReplyDelete
  46. Subhanallah .. gak bosan saya baca ini

    ReplyDelete
  47. Subhanallah ceritanya sampai gitu ya...

    ReplyDelete
  48. OOT : silahkan mas bro kao mau ambil artikel heheheheh...dan nanti gantian ku ambil pic2 nya...hhehehehehehe...

    ReplyDelete
  49. @ Belantara : Ok sob thnks ya.. pokoknya kita share2 an aja .. hehe...

    ReplyDelete
  50. ceritanya sangat mengharukan, semoga saya juga bisa merasakan indahnya kota mekah,,,, Amin...

    ReplyDelete
  51. Adverse Credit Remortgages|Conference Calling Companies|Endowment Policy Sales

    ReplyDelete
  52. Conference Calling Companies|Home Mortgages For Bad Credit|Car Insurance Texas

    ReplyDelete
  53. Instant Car Insurance Quote|New Jersey Auto Insurance|Personal|Injury Lawyer Chicago

    ReplyDelete
  54. Insurance Auto|New York Mesothelioma Lawyers|Car Free Insurance Online Quote

    ReplyDelete
  55. Pennsylvania Mesothelioma Lawyers|Consolidation Student Loan|Structured Settlement Buyers

    ReplyDelete
  56. Secured Loans|Mesothelioma Attorney San Diego|Sell Structured Insurance Settlements

    ReplyDelete
  57. Virginia Car Accidents Lawyers|Free Quote For Car Insurance|Auto Insurance

    ReplyDelete
  58. Naruto 546|Naruto Manga 547|Naruto Shippuden Manga 548|Naruto 549 Manga|Naruto 550 Spoiler

    ReplyDelete
  59. Naruto 546|Naruto Manga 547|Naruto Shippuden Manga 548|Naruto 549 Manga|Naruto 550 Spoiler

    ReplyDelete
  60. Ya Allah..berilah kesempatan kepadaku untuk menunaikan rukun islam ke 5-Mu, Amien.

    ReplyDelete
  61. Enak Kang Saung..udah melaksanakan ibadah puncak tersebut. Kapaaan ya giliran saya?

    ReplyDelete
  62. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    ReplyDelete
  63. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    ReplyDelete
  64. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    ReplyDelete
  65. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  66. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  67. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  68. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  69. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  70. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    ReplyDelete
  71. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  72. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  73. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    ReplyDelete
  74. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  75. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  76. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  77. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  78. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  79. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  80. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  81. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    ReplyDelete
  82. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  83. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    ReplyDelete
  84. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  85. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  86. Smoga ane dapat menyusul kang melaksanakan ibadah Haji, aminn....

    ReplyDelete
  87. @paket Haji Khusus 2013:Saya doakan sob.. semoga niat baik ini segera tercapai. Amin

    ReplyDelete
  88. Hello there! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you
    I truly enjoy reading your articles. Can you suggest any other blogs/websites/forums that go
    over the same topics? Thanks for your time!


    my web site :: paleodiät

    ReplyDelete
  89. mudah-mudahan saja bisa tercapai bisa berangkat ke sana ,, amiin..

    ReplyDelete
  90. Ηi, i think that i sаw you ѵisіted my ωebsitе so
    i саme to “return thе favor”.
    I'm trying to find things to improve my website!I suppose its ok to use some of your ideas!!

    Here is my homepage :: oral hcg weight loss

    ReplyDelete
  91. semoga saya bisa melaksanakan ibadah haji . amin

    ReplyDelete
  92. semoga cita-cita saya bisa tercapai untuk menghajikan kedua orang tua saya , amin ya robb

    ReplyDelete
  93. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    ReplyDelete

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda. Trims atas kerjasamanya

Langganan Artikel

Artikel Gtais : :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Total Kunjungan

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme !, Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Saung Web ! , On Blogger