7/28/09

Saung


saung-diatas-sungai1 Saung adalah sebuah kata dalam bahasa sunda yang artinya rumah atau gubug kecil.. biasanya kata saung digunakan untuk menyebut sebuah gubug kecil yang ada di luar rumah seperti di sawah, ladang ,kebun atau dimana saja pokoknya terpisah dari bangunan rumah. Sengaja Saung Web posting ini karena ada yang nanya " apasih Saung itu ?. Sebagai ilustrasi kalau disekitar rumah ada gubug kecil yang dipakai untuk nyimpan binatang piaraan, perabotan, kayu bakar dsb.. maka gubug itu biasa disebut Saung.

Saung juga biasa dipakai sebagai tempat istirahat, berteduh , makan-makan atau kegiatan lain seperti tempat ngobrol, pertemuan dll.. sehingga lahirlah istilah Saung Meeting yang dipakai oleh para penyuluh pertanian untuk memberikan penyuluhan kepada para petani. Sekarang Saung banyak digunakan untuk nama apa saja yg diharapkan bisa memberi image/nuansa pedesaan seperti restoran2 mewah , cafe, kursus , bahkan sudah merambah dunia maya, terpatri dalam nama berbagai blog dan website. Untuk yang satu ini om google dalam pencariannya berhasil mengeluarkan angka 400 ribu lebih kata Saung saat potingan ini dibuat.. entah nambah berapa lagi ketika anda membacanya saat ini. Disitu ada Saung Web, Saung Bisnisku, Saung Link, saung angklung, Saung Cianjur, Saung Urip, saung kang gugum dll.

Dari pertemuan kekeluargaan yang bertempat disebuah Saung makan, diatas kolam dengan ribuan ikan warna warni , sangat berkesan, familiar n friendly hingga melahirkan inspirasi untuk sebuah blog atau web, dan lahirlah Saung Web.

Sedikit nostalgia masa kecil dulu bahwa hidup keseharianku tak lepas dari saung, misalnya :

  1. Pulang sekolah biasanya untuk sembahyang zhuhur atau ashar rame2 pergi kekali, mandi n berenang maklum jaraknya hanya 400 m dari rumah. Disitu ada sebuah saung tempat menyimpan pakaian kalau kita mandi . Dulu airnya besar dan jernih.
  2. Atau pergi kesawah jaraknya dekat hanya 1,5 km dari rumah, ayahku menata sawah ini sebagai tempat beristirahat sepulang kerja dan menghabiskan waktu kesehariannya disini, jelang maghrib baru pulang .. disini ada kolam.. dipinggirnya ditanami sayuran semacam lalaban dan bumbu2 dapur.. jadi untuk urusan keperluan dapur..ibu tak pernah beli kecuali mungkin garam dan kecap , plus minyak goreng..hehe.. sesekali minyak goreng juga suka bikin tuh dari kelapa.. Saung yang disini agak besar karena dipakai nyimpan peralatan, plus gabah jika habis panen . Apalagi bulan puasa.. ngabuburit itu ya.. disaung ini.

Itulah sekelumit kisah masa lalu, didokumenkan secara online untuk dibaca anak cucuku kelak agar tidak melupakan Jati Diri Kakek Moyangnya sebagai pituin produk pedesaan, yang mungkin tiap hari bergelut dengan ladang dan sawah serta menghabiskan waktu istirahat siangnya di sebuah gubug kecil yang bernama Saung.. dan dokumen itu ada di Saung Web ini. Semoga dengan dimulai dari diri dan lingkungannya pada akhirnya nanti bisa Mengembalikan Jati Diri Bangsa yang kini sudah mulai kusam ini. Amin .


  1. Thanks telah mampir, yo kita saling vote dan comment..
  2. Bila berkenan tolong bagikan dengan tombol share di atas.
  3. Gratis langganan artikel blog ini, silahkan klik Disini, atau masukan email disidebar yg telah disediakan

Sobat sedang membaca artikel Saung, bila berkenan silahkan share artikel ini dengan tombol share di atas. Bila mau COPAS untuk di blog sobat, dimohon meletakkan link aktif sebagai Sumbernya dengan copy kode di bawah ini.

Related Post:

35 comments:

  1. amiiiieenn :) pertamxxxxx! iy jgn sampe lupa jati diri bangsa ini terutama org sunda

    ReplyDelete
  2. Tipayun ah... cuma sekarang mah kang, saung teh leuwih terkenal di kota tibatan di kampung kumargi saung na parantos di geuntos ku villa.

    ReplyDelete
  3. salam untuk saudara saya....keseluruhannya saya suka, orang yang kenal sejarah tidak akan lupa diri. mohon ditambah lagi ya! karna negara anda sangat kaya dengan warisannya. moga Indonesia terus maju, anda juga!

    ReplyDelete
  4. Ah.. siakang jadi pingin pulang kalembur.. nengok Abah

    ReplyDelete
  5. owh.. jadi begitu toh.. sejarahnya saung ini.. hihihihi..

    ReplyDelete
  6. @ Hill : amien.. kudu bin kedah
    @ Lisung : leres pisan puguh ayeunamah saung teh seueur di kota..
    @ al-basri : makasih buanyak .. kalau saja semua orang malayasia berpikiran seperti anda.. ah indahnya bertetangga .. ya pak cik..
    @ pulsa : sok atuh.. ulah kamalinaan
    @ kuncrit : itu baru sebagian.. ke aya deui.. pokoknya di emprit2 lah

    ReplyDelete
  7. kumaha damang.....geus lila teu ka jawa barat...heheh

    ReplyDelete
  8. Pengaruh perkembangan jaman juga kang,orang kota mengharapkan nuansa pedesaan yg lebih tenang,damai dan alami,sehingga orang kota banyak menggunakan istilah saung untuk berbagai tempat yang berimajinasikan ketenangan,kedamaian dan alami.
    Saleresna mah sanes saung seueur di kota,mung ari orang kota seueur nganggo istilah saung ngaharepkeun nuansa padesaan,ari urang desa mah teu aneh ku nuansa padesaan,justru hoyongeun terang nuansa pakotaan, kitu panginten.
    Atos ah bilih seueur teuing,kanggo engke deui, hihihihihi...

    ReplyDelete
  9. Aminnn....
    melihat saung dan sawah yang luas menghijau....tak bosan mata ini tuk memandangnya... segarnya hembusan angin diselingi gemericik air pegunungan menambah kedamaian setiap insan. Wah... boss jd inget desa neh... wakakakakakk... kl di sunda saung..kl di jateng ato jatim namanya gubug... (bener kan...namanya gubug...maaf kl salah he..he..)
    semoga alam selalu bersahabat dengan kita...dan kita wajib melestarikannya demi anak-cucu kita...

    ReplyDelete
  10. jadi kangen pemandangan indah nan sejuk di desa nih

    ReplyDelete
  11. iya kalau kayak gitu rasanya tenag bangeeet

    ReplyDelete
  12. SALAM SOBAT,,trims link sudah dipasang,,ok deh saya pasang link sobat,,nich,,

    ReplyDelete
  13. leres mang.. ngopi di saung, botram di saung, browsing di saung, mantap pisan.. salam kenal oge. hatur nuhun tos ka cantigi, mangga ah..

    ReplyDelete
  14. salam sobat
    oo gitu ya saung maknanya,,,tapi peliharaan apa sih,,yang disimpan di saung tuh,,?
    memang nostalgia saat kecil,, selalu dikenang.

    ReplyDelete
  15. @ semua sobat aja deh : makasih ya telah mampir di saung.. sok atuh di minum tuh ada kopi pahit dan goreng ubi hehee..

    ReplyDelete
  16. kebayang makan nasi tembel sama lalapan dan sambel di saung ini ... wis lah nikmaaat

    ReplyDelete
  17. Oh itu toh artinya saung. Maklum wong Surabaya. hehehe..

    salam kenal ^^

    ReplyDelete
  18. sampurasun...bade ngiring ngiuhan disaung nu matak pikabetaheun ieu..

    ReplyDelete
  19. halo, trims atas kunjungan n komen-nya, wah-wah ternyata sebuah pemikiran yang panjang, untuk sebuah kenangan dahulu dan masa datang, semoga sehat selalu ya om.
    salam....

    ReplyDelete
  20. @ semua sobat : thanks ya atas kunjungan n komennya

    ReplyDelete
  21. Duh baca ini jadi rindu ke tempat kake/nenek nih

    ReplyDelete
  22. Saung akan selalu mengingatkan kit pada suasana pedesaan

    ReplyDelete
  23. Wah baru tahu nih saung dan latar belakangnya

    ReplyDelete
  24. Wahh indah gan suasana yang agan gambarkan,,, Moga tambah sukses,,,,

    ReplyDelete
  25. Wiiw kayaknya enak n nyaman kali nih...

    ReplyDelete
  26. Jadi kepingin main lagi ke Saung kakek nih..

    ReplyDelete
  27. abdi ge gaduh saung,tpi tcan beres2,,

    ReplyDelete
  28. kaleresan nuju browsing milarian arti saung, pendang ie blog, rupina cekap, manghaturkun nuhun kangge defiinisna, nyuhungkeun izin di kutip, kantenan di tuliskeun sumberna oge,

    ReplyDelete

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda. Trims atas kerjasamanya

Langganan Artikel

Artikel Gtais : :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Total Kunjungan

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme !, Converted into Blogger Template by Bloganol dot com ! Modified by Saung Web ! , On Blogger